Apa tujuan yang ingin dicapai auditor dengan meminta ‘representation letter

Berikut ini adalah pertanyaan dari nuruleryono7609 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa tujuan yang ingin dicapai auditor dengan meminta ‘representation letter dari client? apa pengaruhnya apabila client tidak bersedia memberikan representation letter?.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Tujuan yang ingin dicapai oleh auditor dengan meminta Client Representation Letter ini bermanfaat atau bertujuan untuk menjadi pertimbangan akuntan publik dalam memberikan opini dan juga bisa digunakan untuk tanggapan manjemen terhadap pernyataan mengenai beberapa aspek audit.

Jika klien tidak bersedia memberikan representation letter ini akan berakibat pada auditor yaitu auditor tidak dapat menilai wajar atau tidak wajarnya penilaian atau pemeriksaan akun dan aset perusahaan.

Pembahasan:

Client Representation Letter atau Surat Pernyataan Pelanggansering juga disebut denganManagement Letter merupakan surat yang harus dipenuhi oleh auditor sebelum laporan audit diserahkan kepada klien yang berupa representasi tertulis atau opini tertulis dari manajemen.

Tujuan dari surat ini juga untuk mengingatkan manajemen akan tanggung jawabnya mengenai asersi dalam laporan keuangan serta  mendokumentasikan tanggapan manajemen atas pernyataan mengenai beberapa aspek audit.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi Client Representation Letter pada

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Sep 22