Pembentukan ojk dipicu oleh kasus bank century yang membuktikan lemahnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari muvia2772 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pembentukan ojk dipicu oleh kasus bank century yang membuktikan lemahnya fungsi pengawasan yang dilakukan oleh bank indonesia. hal ini terungkap setelah lembaga penjamin simpanan hendak mengucurkan dananya kepada bank century, namun jumlahnya membengkak dari yang seharusnya. bagaimana peran ojk dalam menyikapi kejahatan pasar modal dalam kasus ini?a. ojk berwenang untuk menetapkan sebuah kebijakan operasional pengawasan terhadap

setiap kegiatan, melakukan pemeriksaan, pengawasan, penyidikan, perlindungan

terhadap konsumen serta tindakan lain terhadap lembaga keuangan sesuai dengan

undang-undang.

b. ojk dapat memberlakukan sanksi administratif terhadap pihak-pihak yang melakukan

sebuah pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan pada sektor jasa

keuangan.

c. ojk melakukan pengawasan terhadap setiap tugas yang dilakukan oleh kepala

eksekutif.

6

d. ojk dapat memberikan perintah tertulis yang berhubungan dengan lembaga jasa

keuangan maupun pihak-pihak lain.

e. ojk memberikan layanan edukasi agar calon investor merasa terlindungi karena

mempunyai tempat untuk mengadukan praktik-praktik kecurangan yang terjadi dalam

pasar modal.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pembentukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dipicu oleh kausus Bank Century yang menunjukkan lemahnya fungsi pengawasan yang dilakukan oleh Bank Indonesia. Ini diketahui setelah agen penjamin simpanan ingin membayar kepada Bank Century, tetapi jumlahnya lebih tinggi dari yang seharusnya. Peran OJK dalam menyikapi kejahatan pasar modal berdasarkan kasus tersebut adalah E. OJK memberikan layanan edukasi agar calon investor merasa terlindungi karena mempunyai tempat untuk mengadukan praktik-praktik kecurangan yang terjadi dalam pasar modal.

Penjelasan:

Otoritas Jasa Keuangan yang selanjutnya disingkat OJK adalah organisasi yang independen dan tidak terputus yang memiliki fungsi, kewajiban, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan dan penyidikan. OJK dapat diartikan sebagai  lembaga keuangan yang memiliki misi untuk mengawasi perbankan secara khusus. Seperti disinggung di awal, latar belakang munculnya OJK disebabkan oleh gugatan Bank Century yang membuktikan lemahnya fungsi pengawasan  Bank Indonesia. Menurut berbagai kalangan, ternyata misi Bank Indonesia tidak dijalankan secara maksimal. Selain  banyaknya tugas yang harus dilakukan Bank Indonesia, terdapat faktor lain yang menyebabkan tugas Bank Indonesia tidak berjalan sesuai  harapan.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada: yomemimo.com/tugas/4765896

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 14 Jun 22