Banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan pada pasar modal. Berdasarkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Nadifah2889 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan pada pasar modal. Berdasarkan tujuan investasi, investasi dibedakan menjadi investasi jangka pendek dan jangka panjang. Apa perbedaaan diantara keduanya ? Berilah contoh instrumen investasi yang ditawarkan di pasar Indonesia (pasar modal atau pasar obligasi). Berikan sumber referensi Saudara.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perbedaan investasi jangka panjang dengan investasi jangka pendek :

- Dana atau modal untuk jangka pendek cenderung lebih kecil dibanding jangka panjang.

- Resiko dalam jangka panjang lebih kecil dibanding jangka pendek.

- Tujuan jangka pendek ialah untuk pemenuhan kebutuhan dalam waktu dekat sedangkan jangka panjang untuk masa depan.

Contoh instrumen investasi jangka pendek ialah Reksadana pasar uang, P2P Lending. Sedangkan untuk jangka panjang ialah blue chip dan reksadana saham. Sumber referensi yaitu pintek.id

Pembahasan:

Obligasidapat diartikan sebagaisurat utang, di mana pihak yang membeli obligasi akan mendapatkan bunga sesuai dengan kesepakatan pada saat pembelian dan penjualan obligasi, biasanya setahun sekali ataupun dalam 2 tahun sekali atau sesuai dengan kesepakatan di awal. Pada saat akhir atau tenggat waktu dari pembayaran obligasi harus dilakukan maka si pembeli obligasi akan mendapatkan bunga dan pokok dari obligasi. Berinvestasi pada instrumen obligasi merupakan investasi dengan tingkat risiko yang rendah karena mendapatkan bunga atau pendapatan tetap setiap tahun ataupun semesternya.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang obligasi pada yomemimo.com/tugas/21414053

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 08 Feb 23