1. Fungsi-fungsi manajemen dalam proses penyelenggaraan sistem administrasi negara sangat

Berikut ini adalah pertanyaan dari girihandoko887 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Fungsi-fungsi manajemen dalam proses penyelenggaraan sistem administrasi negara sangat pentingditerapkan, agar tujuan-tujuan yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan lebih baik.
Jelaskan tahapan atau langkah-langkah perencanaan yang baik dan efektif!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Terdapat 7 tahapan atau langkah-langkah perencanaan yang baik dan efektif yaitu:

  1. Merumuskan tujuan
  2. Menetapkan tujuan
  3. Melakukan analisa kesempatan
  4. Melakukan analisa sumber daya
  5. Identifikasi dan pengembangan alternatif
  6. Implementasi strategi
  7. Pelaksanaan keputusan

Pembahasan

Manajemen menurut George R. Terry adalah pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditetapkan melalui atau bersama-sama usaha orang lain. Dalam proses penyelenggaraan sistem administrasi negara, fungsi-fungsi manajemen memiliki peran penting. Adapun fungsi-fungsi tersebut menurut George R. Terry disingkat dengan POAC.

POAC tersebut adalah:

1. Planning (Perencanaan)

Perencanaan dapat diartikan sebagai tindakan untuk menetapkan tujuan yang ingin dicapai organisasi dan menetapkan rencana proses kerja untuk diintegrasikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

2. Organizing (Pengorganisasian)

Pengorganisasian adalah tindakan merencanakan dan melaksanakan di dalam struktur organisasi. Fungsi ini adalah proses mengatur sumber daya manusia untuk melaksanakan rencana dan pencapaian tujuan organisasi.

3. Actuating (Pelaksanaan)

Actuating adalah peran yang dilakukan manajer untuk mengarahkan orang untuk bekerja sesuai dengan tujuan organisasi. Pelaksanaan disini mengartikan bahwa tanpa tindakan nyata, rencana akan menjadi imajinasi atau mimpi yang tidak pernah menjadi kenyataan.

4. Controlling (Pengawasan)

Semua fungsi POA (Planning, Organizing, dan Actuating) tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya pengawasan. Pengawasan adalah fungsi yang akan melanjutkan pekerjaan organisasi dan pekerjaan pemeliharaan untuk mencapai tujuan organisasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang fungsi-fungsi manajemen yomemimo.com/tugas/7491672

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nvrhernas dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22