Tuliskan 3 contoh ilmu ekonomi terapan dan apa bidang bahasannya

Berikut ini adalah pertanyaan dari yuuji777 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tuliskan 3 contoh ilmu ekonomi terapan dan apa bidang bahasannya masing-masing! (Lihat grafik pembagian ilmu ekonomi!)​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ekonomi terapan, moneter, kesehatan, demografi, dan publik

Penjelasan:

Ilmu ekonomi terapan memiliki banyak cabang atau jenisnya. Berikut beberapa contoh ilmu ekonomi terapan:

- Ekonomi pembangunan adalah ekonomi terapan yang mempelajari beberapa hal dalam ekonomi, khususnya pembangunan nasional. Ilmu ini digunakan untuk pengambilan keputusan, pembuatan kebijakan serta melakukan analisis dengan menggunakan faktor atau kajian ekonomi pembangunan.

- Ekonomi moneter Dalam buku Ekonomi Moneter: Studi Kasus Indonesia (2020) karya Haryo Kuncoro dan Retno Ayu Kusumaningtyas, disebutkan jika ilmu ekonomi yang mempelajari sifat, fungsi, pengaruh uang dalam berbagai kegiatan ekonomi. Ekonomi moneter juga mengkaji sistem moneter internasional hingga permasalahan kebijakan moneter.

- Ekonomi kesehatan Sesuai dengan namanya, ilmu ekonomi terapan ini digunakan dalam bidang kesehatan. Hampir sama seperti jenis ekonomi terapan lainnya, ilmu ekonomi kesehatan membahas tentang kegiatan ekonomi yang berhubungan dengan kesehatan. Misalnya mengkaji tentang hubungan faktor penghasilan dengan kesehatan penduduk negara.

- Ekonomi demografi Adalah jenis ilmu ekonomi terapan yang mempelajari tentang hubungan demografi atau kependudukan dengan analisis ekonomi. Ilmu ini mengkaji populasi manusia, pertumbuhan penduduk, nilai hidup dan ekonomi, dan masih banyak lagi.

- Ekonomi publik mempelajari analisis dampak kebijakan publik terhadap alokasi sumber daya serta distribusi pendapatan dalam perekonomian. Ilmu ini juga mengkaji program kesejahteraan, barang publik, perpajakan, dan lain sebagainya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Ambang211 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 04 Nov 22