Setiap hubungan memang bersifat unik, begitu juga alasan kita dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari herusetiaw84 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Setiap hubungan memang bersifat unik, begitu juga alasan kita dalam menjalin hubungan sangat beragam dan unik. Namun, terdapat beberapa alasan umum mengapa kita bersedia menjalin hubungan antarpribadi dengan orang lain. Jelaskan alasan seseorang menjalin hubungan antarpribadi. dan berikan contohnya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Terdapat beberapa faktor yang melandasi mengapa seseorang melakukan hubungan dengan orang lain atau interaksi sosial, yaitu:

  1. Imitasi dapat diartikan sebagai suatu proses belajar dengan melalui cara meniru serta mengikuti perilaku orang lain.
  2. Identifikasi dapat diartikan sebagai sebuah dorongan untuk menjadi identik serta sama dengan orang lainnya..
  3. Sugesti dapat diartikan sebagai suatu suatu pendapat atau sebuah pandangan serta sikap yang diberikan kepada orang lain selanjutnya diterima oleh pihak yang lain.
  4. Simpati dapat diartikan sebagai suatu rasa tertarik pada orang lain yang seolah-olah berada dalam keadaan orang lain yang dapat memunculkan perasaan atau emosional tertentu (sedih, senang).
  5. Empati dapat diartikan sebagai suatu kepedulian terhadap orang lain serta kelompok lain yang ditandai dengan tindakan nyata.

Penjelasan

Interaksi sosial atau hubungan dengan pribadi lainnya dapat didefinisikan sebagai sebuah aktivitas timbal balik antara individu dengan individu serta kelompok dengan kelompok lainnya. Aktivitas interaksi sosial dapat berlangsung di mana saja sebagai contohnya adalah interaksi ketika melakukan transaksi jual beli di kantin sekolah. Tanpa interaksi sosial maka manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22