1. Indonesia memiliki ragam budaya yang tersebar di segala penjuru

Berikut ini adalah pertanyaan dari farisnanji29 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Indonesia memiliki ragam budaya yang tersebar di segala penjuru wilayahnya dan pulau-pulaunya.Keragaman ini dapat berupa adat istiadat, suku bangsa, sistem kekerabatan, teknologinya, dan
sebagainya. Bahkan di Indoensia memiliki ratusan suku bangsa dengan beragam unsur-unsur
kebudayaanya. Namun terkadang, kelompok budaya ini memiliki sifat primordial.
a. Mengapa demikian?
b. Apa akibat dari sentimen primordial ini?
c. Apakah sentiment primordial ini masih relevan untuk saat ini?
2. Mulai dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dikenal dengan keanekaragaman etnis. Keragaman etnis
tersebut nampak dengan adanya keragaman budaya yang dihasilkan di dalamnya.
a. Bagaimanakah pola hubungan antaretnis yang berada di Indonesia?
b. Berikan satu contoh kasus hubungan antaretnis dan upaya dalam menjaga integrasi Indonesia
melalui hubungan antaretnis tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1 a. Kelompok budaya adalah kelompok yang lahir dari budaya daerrah sehingga terkadang masih memegang teguh segala sesuatu yang dibawa sejak kecil.

b. Sentimen primordial bisa merusak persatuan dan kesatuan karena sifat dan perilaku yang terlalu menonjolkan suatu suku saja.

c. Sentimen primordial untuk saat ini sudah tidak relevan, karena pergaulan masyarakat yang sudah ada pada taraf internasional sehingga untuk beberapa hal harus mengikuti perkembangan zaman.

2 a. Pola hubungan antaretnis di Indonesia adalah integrasi.

b. contoh kasus hubungan antaretnis dan upaya dalam menjaga integrasi Indonesia melalui hubungan antaretnis adalah suku jawa yang hidup berdampingan dengan suku madura dengan saling menghargai dan mengintegrasikan antar suku.

Pembahasan

Sentimen primordial atau primordialisme adalah pandangan atau paham yang memegang teguh hal-hal yang dibawa sejak kecil, baik mengenai tradisi, adat istiadat, kepercayaan, maupun segala sesuatu yang ada di dalam lingkungan pertamanya. Definisi sentimen primordial atau primordialisme menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah perasaan kesukuan yang berlebihan.

Sentimen primordial atau primordialisme memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah untuk melestarikan budaya kelompoknya dan dapat meneguhkan rasa cinta terhadap suku bangsanya serta terhadap tanah air Indonesia. Dampak negatif sentimen primordial adalah dapat merusak persatuan dan kesatuan karena terlalu “menonjolkan” suatu suku saja.  

Pola hubungan antaretnis di Indonesia adalah integrasi. Integrasi adalah suatu pola hubungan yang lebih menekankan pada persamaan dan bahkan saling mengintegrasikan antara kelompok satu dengan kelompok yang lain. Pola hubungan ini hanya dapat terjadi apabila orang perorang atau kelompok-kelompok manusia saling bekerja sama, saling berbicara dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi sentimen primordial pada link yomemimo.com/tugas/51080920

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 04 Aug 22