Sebuah Perusahaan manufaktur memiliki fungsi produksi dan biaya sbb: Fungsi

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskipuppy95 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sebuah Perusahaan manufaktur memiliki fungsi produksi dan biaya sbb: Fungsi Produksi Fungsi biaya:Q=5 K² +4,5 KL +1,1L²Fungsi biaya Tc =5 L + 15 K
Tentukan : a) Fungsi-fungsi MPL, MPK. APL. APk. b) jika diketahui Persamaan memiliki biaya Produksi sebesar $ 1.500, berapa output Maksimum yang dapat diproduksi. c) Jumlah tenaga kerja [L) dan Modal (k) harus digunakan.

tolong dijawab kak beserta pengerjaannya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

A. Untuk mencari fungsi-fungsi MPL, MPK, APL, dan APK, perlu dilakukan turunan parsial terhadap fungsi produksi Q terhadap K dan L, serta total biaya TC terhadap K dan L.

Turunan Parsial Fungsi Produksi terhadap K

MPL = ∂Q/∂K = 10K + 4.5L

Turunan Parsial Fungsi Produksi terhadap L

MPL = ∂Q/∂L = 4.5K + 2.2L

Turunan Parsial Fungsi Biaya terhadap K

MPK = ∂TC/∂K = 15

Turunan Parsial Fungsi Biaya terhadap L

MPL = ∂TC/∂L = 5 + 2.2L

APL = Q/L = (5K² + 4.5KL + 1.1L²)/L = 5K²/L + 4.5K + 1.1L

APK = Q/K = (5K² + 4.5KL + 1.1L²)/K = 5K + 4.5L/K + 1.1K

B. Untuk mencari output maksimum, kita dapat mencari titik stasioner dengan menyelesaikan sistem persamaan turunan parsial MPL terhadap K dan L sama dengan nol.

10K + 4.5L = 0

4.5K + 2.2L = 0

Dari sistem persamaan di atas, kita dapat mencari nilai K dan L yang memenuhi. Setelah diselesaikan, kita mendapatkan nilai K = 0 dan L = 0. Oleh karena itu, output maksimum yang dapat diproduksi adalah 0

C. Untuk menentukan jumlah tenaga kerja (L) dan modal (K) yang harus digunakan, kita dapat memaksimalkan fungsi produksi Q dengan memperhatikan batasan biaya produksi Tc = 1500.

Dari fungsi biaya, kita dapat memperoleh persamaan Tc = 5L + 15K. Dengan mensubstitusikan Tc = 1500, maka kita dapat menghasilkan persamaan L = (1500 - 15K)/5 = 300 - 3K.

Kemudian, substitusikan persamaan di atas ke dalam fungsi produksi Q, maka diperoleh:

Q = 5K² + 4.5K(300 - 3K) + 1.1(300 - 3K)²

Simplifikasi persamaan tersebut akan menghasilkan fungsi kuadratik dengan variabel K. Dari sini, kita dapat menggunakan metode persamaan kuadrat untuk mencari nilai K yang menghasilkan output maksimum dengan biaya yang diberikan.

Semoga Bermanfaat

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh lithiumhydro dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 15 Jul 23