Untuk melindungi produsen atau konsumen med pemerintah dapat mengambil kebijakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mnuralif552 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Untuk melindungi produsen atau konsumen med pemerintah dapat mengambil kebijakan yang memengaruhi harga pasar. Hal ini tentu berpengaruh pada permintaan dan penawaran. Pernyataan yang sesuai dengan teori permintaan dan penawaran adalah.....(Jawaban lebih dari satu)A. harga minyak tidak lagi menyesuaikan HET, tetapi akan menyesuaikan harga pasar, dampaknya harga minyak akan naik.
B. adanya subsidi minyak goreng mengakibatkan harga barang turun dan permintaan naik
C. ketidakpastian global menyebabkan harga pasar minyak goreng turun se- hingga permintaan naik.
D. harga pasar minyak goreng mengalami kenaikan setelah adanya kebijakan HET oleh pemerintah.
E. penawaran minyak goreng naik setelah pemerintah memberikan subsidi sehingga harga pasar naik​
Untuk melindungi produsen atau konsumen med pemerintah dapat mengambil kebijakan yang memengaruhi harga pasar. Hal ini tentu berpengaruh pada permintaan dan penawaran. Pernyataan yang sesuai dengan teori permintaan dan penawaran adalah.....(Jawaban lebih dari satu)A. harga minyak tidak lagi menyesuaikan HET, tetapi akan menyesuaikan harga pasar, dampaknya harga minyak akan naik. B. adanya subsidi minyak goreng mengakibatkan harga barang turun dan permintaan naik C. ketidakpastian global menyebabkan harga pasar minyak goreng turun se- hingga permintaan naik.D. harga pasar minyak goreng mengalami kenaikan setelah adanya kebijakan HET oleh pemerintah.E. penawaran minyak goreng naik setelah pemerintah memberikan subsidi sehingga harga pasar naik​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kebijakanekonomi yang diambil olehpemerintahbisa mempengaruhi harga pasar dan kebijakan tersebut pada dasarnya digunakan untukmelindungi produsendankonsumen. Berkaitan dengan teori permintaandanpenawaran, pernyataan yang sesuai adalah (B) adanya subsidi minyak goreng mengakibatkan harga barang turun dan permintaan naik.

Pembahasan

Pilihan (B) benar karena pada hukum permintaan kita mengetahui bahwa ketika harga dari suatu barang menjadi lebih murah atau turun, maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat. Hal ini sesuai dengan prinsip ekonomi yang dimiliki oleh konsumen di mana seorang konsumen akan berusaha untuk menggunakan sumber daya sesedikit mungkin untuk memenuhi kebutuhan sebanyak mungkin. Maka dari itu, dengan adanya subsidi minyak goreng yang membuat harga minyak goreng menjadi turun, hal ini akan membuat permintaan meningkat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang menghitung fungsi permintaan yomemimo.com/tugas/34907331

#BelajarBersamaBrainly #SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 28 Feb 23