TUGAS 8 Setelah anda menyelesaikan tugas 7, selanjutnya buatlah jurnal penutup

Berikut ini adalah pertanyaan dari raidhakawa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

TUGAS 8Setelah anda menyelesaikan tugas 7, selanjutnya buatlah jurnal penutup yang dibutuhkan, kemudian postinglah ke buku besar, dan buatlah Neraca Saldo setelah penutup sehingga saldo yang sebenarnya dapat terlihat. Selanjutnya anda membuat jurnal balik untuk akun-akun yang memerlukan jurnal balik.
Terimakasih, selesai tugas anda sampai disin

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jurnal penutup adalah jurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi di akun penutup laporan laba rugi dan akun pribadi (penarikan modal  pemilik). Saldo akun  laporan laba rugi bersifat sementara. Artinya, saldo  tidak dibawa ke depan atau dibawa ke depan ke periode akuntansi berikutnya. Sedangkan Buku Besar adalah buku besar untuk mencatat transaksi keuangan, mengkonsolidasikan entri dari semua jurnal akuntansi, dan mengklasifikasikan akun yang serupa. Buku besar adalah dasar untuk membuat neraca dan laporan laba rugi.

Pembahasan:

Secara garis besar, istilah atau definisi akuntansi adalah suatu proses yang dimulai dengan pencatatan, penggolongan, pengolahan, penyajian data, dan pencatatan transaksi keuangan.

Oleh karena itu, informasi ini tersedia bagi para ahli di bidang ini dan personel pembuat keputusan. Seorang praktisi dengan pengalaman di bidang ini disebut akuntan. Definisi akuntansi juga disebut istilah bisnis untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi  organisasi dan mengkomunikasikannya kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk manajemen, investor, kreditur, dan regulator.

Berbagai teori  telah diajukan untuk konsep akuntansi. Menimbang bahwa ilmu sistem akuntansi memberikan berbagai kemudahan untuk melakukan kegiatan, berbagai teori berkembang seiring dengan semakin banyaknya orang yang ingin mempelajarinya.

Software akuntansi sangat berguna, tetapi sebagai pemilik bisnis, juga sangat penting untuk memiliki pengetahuan akuntansi dan pemahaman tentang prinsip-prinsip dasar akuntansi.

Menurut standar akuntansi yang dianut di Indonesia, ada lima laporan keuangan lengkap yang umum digunakan:

  • Laporan Laba Rugi
  • Pernyataan perubahan ekuitas pemegang saham, dll.
  • Neraca
  • Laporan arus kas
  • Catatan atas laporan keuangan (CALK)

Kelima jenis laporan tersebut memiliki fungsi dan peran yang unik dalam agenda pelaporan keuangan  suatu perusahaan atau perusahaan.

Biasanya, setiap perusahaan memiliki kebutuhannya sendiri, sehingga laporan ini digunakan secara berbeda. Penggunaannya harus berdasarkan kebutuhan perusahaan. Penting bahwa departemen akuntansi memiliki pemahaman yang akurat tentang fungsi setiap jenis pelaporan keuangan. Ini tidak menghasilkan upaya yang tidak perlu  atau pembuatan laporan dengan informasi yang mudah dipahami.

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang laporan keuangan pada yomemimo.com/tugas/12818134

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 14 Sep 22