Bahwa kondisi ekonomi saat ini secara umum dirasakan sulit, tentu

Berikut ini adalah pertanyaan dari hikmaldika10 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bahwa kondisi ekonomi saat ini secara umum dirasakan sulit, tentu sesuatu yang sulit dibantah. Menteri Keuangan Sri Mulyani pun pun dengan tegas menyatakan kondisi ekonomi saat ini berat (CNBC News. 14 November 2019). Ekonomi global melemah. Bahkan indikator perdagangan internasional menunjukkan angka terlemahnya sejak 20 tahun. Maka imbasnya, perekonomian nasional Indonesia pun mengalami pelemahan. Perdagangan barang dan jasa, arus modal termasuk dana secara psikologis dan sentiment pun terus tertekan. Kinerja neraca perdagangan pun kian lesu, baik ekspor maupun impor Lalu, apa artinya itu semua? Tentu, urusan negara dan pemerintah untuk mencarikan solusi terbaiknya. Namun, kondisi ini pun bisa jadi momentum bagi masyarakat untuk merefleksi diri tentang "literasi ekonomi yang dipahami dan dijalankan selama ini. Bila ekonomi dalam kondisi sulit, adakah kesadaran masyarakat untuk mengubah perilaku ekonominya sendiri? Karena ekonomi, hakikatnya bukanlah "kekuasaan" manusia terhadap uang atau modal. Tapi literasi ekonomi lebih menekankan tentang pemahaman bahwa ekonomi harus lebih bertumpu pada 1) rasionalitas komposisi biaya versus manfaat (cost vs benefit), 2) tahu mana yang jadi kebutuhan - mana yang jadi keinginan, dan 3) sikap manusia itu sendiri terhadap uang.Berdasarkan informasi tersebut, simpulkan 4 manfaat dari mempelajari ilmu ekonomi!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Memahami rasionalitas komposisi biaya versus manfaat: Dengan mempelajari ilmu ekonomi, kita akan memahami bahwa setiap keputusan yang diambil harus memperhitungkan rasio biaya dan manfaatnya. Hal ini akan membantu kita dalam membuat keputusan yang tepat dan efisien dalam mengelola keuangan pribadi atau organisasi.

2. Memahami kebutuhan dan keinginan: Mempelajari ilmu ekonomi juga akan membantu kita memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah barang atau jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia, sedangkan keinginan adalah barang atau jasa yang diinginkan namun tidak merupakan kebutuhan dasar. Memahami perbedaan ini akan membantu kita dalam mengelola keuangan dengan lebih bijak dan efisien.

3. Memahami sikap manusia terhadap uang: Mempelajari ilmu ekonomi juga akan membantu kita memahami sikap manusia terhadap uang dan bagaimana uang dapat mempengaruhi perilaku manusia. Hal ini akan membantu kita dalam mengelola uang dengan lebih bijak dan tidak terpengaruh oleh faktor-faktor yang tidak rasional.

4. Meningkatkan kemampuan membuat keputusan yang tepat: Dengan memahami konsep-konsep ekonomi yang dasar, kita akan memiliki dasar yang kuat untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan pribadi atau organisasi. Mempelajari ilmu ekonomi akan membantu kita memahami faktor-faktor yang mempengaruhi harga, ketersediaan barang dan jasa, dan bagaimana cara mengoptimalkan pengelolaan keuangan sesuai dengan kondisi ekonomi yang ada.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh browncase dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 15 Mar 23