berikan argumen anda, mengapa perlu dan dibutuhkan etika dalam berbisnis,

Berikut ini adalah pertanyaan dari doni31104kun pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

berikan argumen anda, mengapa perlu dan dibutuhkan etika dalam berbisnis, bukankah paradigma para pebisnis menganggap bahwa orang yang masih memperhatikan etika dan moralitas akan kalah, merugi dan tersingkir dengan sendirinya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Perlu dan dibutuhkan etika dalam berbisnis karena beberapa alasan berikut ini:

1. Meningkatkan Reputasi Bisnis

Dalam lingkup bisnis, etika berperan penting dalam meningkatkan reputasi suatu perusahaan. Jika sebuah perusahaan beretika, maka kepercayaan dan citra baik pada perusahaan tersebut akan semakin tinggi. Sebaliknya, jika sebuah perusahaan sering membuat pelanggaran etika maka akan menimbulkan ketidakpercayaan dan bisa berakibat pada penurunan citra baik perusahaan.

2. Membangun Hubungan Bisnis yang Baik

Etika juga berperan penting dalam membangun hubungan bisnis yang baik antara bisnis dan konsumen atau pelanggan. Dalam bisnis, terjalinnya hubungan bisnis yang baik sangatlah penting untuk menciptakan loyalitas dari konsumen atau pelanggan. Etika dalam berbisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen pada perusahaan dan menumbuhkan hubungan bisnis yang berkelanjutan.

3. Menghargai Hak Konsumen atau Pelanggan

Dalam bisnis, pihak yang memegang kekuasaan dalam transaksi adalah perusahaan. Tetapi, perusahaan harus melihat konsumen atau pelanggan sebagai pihak yang memiliki hak dan harus dihargai. Etika dalam berbisnis dapat menjamin hak-hak konsumen atau pelanggan agar tidak dirugikan akibat tindakan perusahaan yang menyimpang.

4. Menghindari Risiko Pelebaran Gap Sosial

Dalam bisnis, perbedaan sosial dan ekonomi dapat terjadi antara perusahaan dan masyarakat. Etika dapat menghindari terjadinya pelebaran gap sosial dengan mempunyai tanggung jawab sosial yang baik dan sukarela.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cokj97700 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Jul 23