2. a. Kemukakan pedoman penilaian tanggung jawab etis komunikasi pemerintahan

Berikut ini adalah pertanyaan dari hasanfari965 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. a. Kemukakan pedoman penilaian tanggung jawab etis komunikasi pemerintahan menurut DennisGouran!
b. Kemukakan apa yang dimaksud dengan proses berpikir sebagai dasar komunikasi pemerintahan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut Dennis Gouran, pedoman penilaian tanggung jawab etis komunikasi pemerintahan harus dilakukan oleh setiap anggota yang mana anggota tersebut bertanggung jawab atas isu, ide, dan pemikiran. Isu, ide, dan pemikiran tadi kemudian diterapkan dalam pemerintahan sehingga tujuan dari pemerintahan dapat tercapai. Penilaian tersebut terdiri dari 4 fungsi yaitu identifikasi masalah, penentuan tujuan, langkah alternatif, dan evaluasi.                        

Proses berpikir sebagai dasar komunikasi pemerintahan yaitu adalah suatu tahap untuk mendapatkan, memproses atau mengolah, serta menarik kesimpulan dari suatu informasi yang dijadikan landasan dalam menyampaikan ide, isu, pemikiran, dan inovasi sehingga hasil dari proses berpikir tadi bisa diterapkan dalam perumusan kebijakan untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan dalam pemerintahan.

Pembahasan

Komunikasi pemerintahansangat penting karena menjadiwadahdalampenyampaian aspirasi untuk mewujudkan suatu tujuan yang diharapkan masyarakat. Komunikasi pemerintahan sendiri memiliki prinsip-prinsip yang dijadikan acuan, seperti menerima atau terbuka atas segala bentuk pendapat, partisipasi masyarakat aktif, pejabat pemerintah harus netral, menciptakan komunikasi yang terkoordinasi dengan baik, dan lain sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

Pentingnya komunikasi politik bagi pemerintah: yomemimo.com/tugas/37242782    

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22