Berdasarkan pengertiannya, pluralisme atau kemajemukan suatu masyarakat dapat dilihat dari

Berikut ini adalah pertanyaan dari tikisinta pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berdasarkan pengertiannya, pluralisme atau kemajemukan suatu masyarakat dapat dilihat dari dua sudutpandang, yaitu secara horizontal dan secara vertikal.
a. Berikan analisis Anda mengenai konsep pluralisme secara horizontal dan vertikal dalam kehidupan
sehari-hari di dalam masyarakat Indonesia yang majemuk.
b. Menurut Anda, apakah masyarakat di Indonesia sudah dapat memahami bahwa bangsa Indonesia
merupakan bangsa yang majemuk atau pluralis sehingga hal ini menjadi modal dasar dalam meredam
terjadinya potensi konflik pada masyarakat Indonesia? Berikan contohnya. Jangan lupa sertakan
sumber referensi jawaban Anda

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban untuk kedua soal mengenai pluralisme dan keberagaman di Indonesia di atas:

  • a. Konsep pluralisme secara horizontal merujuk pada keberagaman dalam suatu masyarakat yang bersifat sejajar atau setara dalam kedudukannya. Contohnya adalah keberagaman suku, agama, dan budaya di Indonesia yang diakui secara resmi dan diperlakukan dengan sama rata. Sedangkan konsep pluralisme secara vertikal merujuk pada adanya perbedaan hierarkis dalam masyarakat, seperti perbedaan kelas sosial dan ekonomi. Contohnya kesenjangan ekonomi antara kota dan desa di Indonesia.

  • b. Meskipun Indonesia diakui secara resmi sebagai negara majemuk, masih banyak masyarakat yang belum sepenuhnya memahami arti penting konsep pluralisme. Kadang terdapat kelompok-kelompok yang mencoba memaksakan pandangan atau kepentingan mereka tanpa mempertimbangkan keberagaman masyarakat. Namun terdapat juga sejumlah positif di mana masyarakat bisa hidup berdampingan secara harmonis, contohnya keberadaan tempat ibadah yang saling berdekatan di kawasan kota, perayaan hari raya agama yang dihadiri oleh orang-orang dari berbagai latar belakang, adanya program-program pemerintah yang menekankan pada keberagaman dan toleransi antar kelompok masyarakat dan lain-lain.

Pembahasan

Dalam kehidupan sehari-hari penting untuk terus memahami dan menghargai keberagaman sebagai modal dasar dalam meredam potensi konflik yang bisa terjadi. Hal ini termasuk sikap terbuka terhadap perbedaan, menghindari tindakan diskriminatif, serta berupaya untuk saling memahami dan menghormati kepercayaan, budaya juga pandangan orang lain.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 31 Jul 23