bekerja adalah fitrah setiap manusia. ada manusia yang enggan bekerja,

Berikut ini adalah pertanyaan dari lyaapril886 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bekerja adalah fitrah setiap manusia. ada manusia yang enggan bekerja, malas serta tidak mau mendayagunakan seluruh potensi diri untuk bekerja.jelaskan makna dari pernyataan di atas!

mohon bantuannya yaaa​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Makna bekerja jika ditinjau dari segi perorangan adalah sebuah gerak dari badan atau pikiran setiap orang guna untuk memelihara kelangsungan hidup jasmani maupun rohani. Makna bekerja bila ditinjau dari segi kemasyarakatan adalah melakukan suatu pekerjaan untuk menghasilkan barang atau jasa guna memuaskan kebutuhan pada masyarakat.

Bekerja juga merupakan fitrah pada seorang manusia. Karena fitrah manusia adalah berusaha dan menghidupi dirinya serta keluarganya. Sayangnya banyak manusia yang enggan bekerja, malas serta tidak mau berusaha. Mereka cenderung mengandalkan orang lain untuk mendapatkan sesuatu.

Pembahasan:

Mengembangkan fitrah manusia adalah dengan menumbuhkembangkan fitrahnya menuju kearah yang lebih baik, pembentukan manusia secara sempurna, dan menjadi hamba Allah SWT yang baik, karena tujuan pendidikan Islam secara umum adalah untuk membentuk manusia yang paripurna dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Makna pekerjaan yang paling dasar dan ada dalam diri pada setiap pencari kerja. Minimal, didorong oleh keinginan agar dirinya tidak menjadi beban bagi orang lain, seseorang akan berusaha menemukan pekerjaan yang dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.

Dalam Islam, bekerja juga merupakan bentuk wujud syukur akan nikmat dan karunia Allah SWT. Selain itu, bekerja juga sangat dianjurkan, karena dapat menjaga wibawa dan kehormatan diri sendiri. Dengan bekerja, seseorang tak kan meminta-minta dan mengharapkan pemberian dari orang lain.

Tujuan dari manusia bekerja adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lebih jauh, manusia bekerja juga untuk mendapatkan rasa aman, mencari kepuasan, dan juga untuk mengaktualisasikan dirinya dalam bekerja.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang pengertian bekerja dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/2189431
  2. Materi tentang bekerja menurut pandangan Islam dapat dipelajaari pada link yomemimo.com/tugas/10968706
  3. Materi tentang manfaat bekerja keras dalam Islam dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/931202

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : Agama

Bab : Fitrah manusia

Kode : 8.11.7

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 20 Dec 22