Jelaskan bahwa meningkatnya harga Faktor Produksi (Bahan) dapat mempengaruhi jumlah

Berikut ini adalah pertanyaan dari Derder321 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan bahwa meningkatnya harga Faktor Produksi (Bahan) dapat mempengaruhi jumlah penawaran.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Perubahan harga tenaga kerja atau beberapa faktor produksi lainnya akan mengubah biaya produksi sejumlah barang atau jasa tertentu. Perubahan biaya produksi ini akan mengubah kuantitas yang ditawarkan pemasok/supplier dengan harga berapa pun. Kenaikan harga faktor produksi akan menurunkan kuantitas yang akan ditawarkan pemasok pada harga berapa pun, menggeser kurva penawaran ke kiri.

Faktor produksi adalah capital/modal (K) dan labor/tenaga kerja (L) -> f(K,L)

Sebagai contoh, misal petani teh harus membayar upah lebih tinggi untuk pekerja untuk memanen teh, maka kenaikan biaya produksi ini akan menggeser kurva penawaran teh ke kiri.
Contoh lain adalah ketika modal (/bahan) yang digunakan untuk memproduksi suatu barang mengalami kenaikan harga. Maka kurva penawaran akan bergeser ke kiri seperti di tautan gambar.

Jawaban:Perubahan harga tenaga kerja atau beberapa faktor produksi lainnya akan mengubah biaya produksi sejumlah barang atau jasa tertentu. Perubahan biaya produksi ini akan mengubah kuantitas yang ditawarkan pemasok/supplier dengan harga berapa pun. Kenaikan harga faktor produksi akan menurunkan kuantitas yang akan ditawarkan pemasok pada harga berapa pun, menggeser kurva penawaran ke kiri. Faktor produksi adalah capital/modal (K) dan labor/tenaga kerja (L) -> f(K,L)Sebagai contoh, misal petani teh harus membayar upah lebih tinggi untuk pekerja untuk memanen teh, maka kenaikan biaya produksi ini akan menggeser kurva penawaran teh ke kiri.Contoh lain adalah ketika modal (/bahan) yang digunakan untuk memproduksi suatu barang mengalami kenaikan harga. Maka kurva penawaran akan bergeser ke kiri seperti di tautan gambar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kranberry10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 06 Feb 23