3. Mesin A dibeli 5 tahun lalu dengan harga Rp.

Berikut ini adalah pertanyaan dari widiasricahyani1818 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Mesin A dibeli 5 tahun lalu dengan harga Rp. 58.000.000, perkiraan umurnya adalah 8 tahun dan nilai sisanya Rp 5.000.000. Biaya operasional pertahun Rp. 12.000.000. Saat ini ada sebuah toko yang menawarkan mesin B yang fungsinya sama dengan mesin A dengan harga Rp. 65.000.000, umur diperkirakan 8 tahun dan nilai sisanya Rp.7.000.000. Ongkos operasional pertahun adalah Rp. 9.000.000.. Dengan menggunakan MARR 12%, maka sebaiknya perusahaan tetap menggunakan mesin A atau menjual mesin A dan menggantinya dengan mesin B?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Untuk menentukan apakah perusahaan sebaiknya tetap menggunakan mesin A atau menjual mesin A dan menggantinya dengan mesin B, perlu dilakukan analisis pengenaan biaya. Dalam hal ini, perusahaan dapat menggunakan metode analisis ekonomi yaitu metode Net Present Value (NPV) atau Nilai Kini Bersih.

Metode NPV digunakan untuk menghitung nilai sebenarnya dari suatu investasi dengan mengurangi nilai arus kas yang diharapkan dari investasi tersebut dengan nilai investasi saat ini. MARR (Minimum Attractive Rate of Return) digunakan sebagai tingkat pengembalian yang diharapkan dari investasi.

Jika NPV dari mesin B lebih besar dari mesin A, maka sebaiknya perusahaan menggantikan mesin A dengan mesin B. Namun jika NPV dari mesin A lebih besar dari mesin B, maka sebaiknya perusahaan tetap menggunakan mesin A.

Dalam hal ini, dengan asumsi MARR 12%, maka perusahaan harus melakukan perhitungan yang cukup rumit untuk menentukan apakah harus menjual mesin A dan membeli mesin B atau tetap menggunakan mesin A. Namun dari segi biaya operasional, mesin B lebih murah dibanding mesin A, sehingga jika perusahaan menginginkan efisiensi biaya, sebaiknya perusahaan mengganti mesin A dengan mesin B. Namun, jika perusahaan ingin mengutamakan nilai investasi, sebaiknya perusahaan tetap menggunakan mesin A.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh wilmarch dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 27 Apr 23