APA LATAR BELAKANG GNB?

Berikut ini adalah pertanyaan dari Naila27Nabilla27 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

APA LATAR BELAKANG GNB?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Gerakan Non Blok atau GNB secara umum dilatar belakangi oleh kekhawatiran para pemimpin negara dari Asia-Afrika terhadap ketegangan dari blok Barat yang dipimpin oleh Amerika dan Blor Timur yang sekarang dipimpin oleh Rusia.

Pembahasan

GNB menjadi netral diantara kedua kubu besar tersebut meskipun secara umum kekuataan tidak sebanding namun bisa meminimalisir hingga mencegah terjadinya peperangan besar. Berikut beberapa tujuan GNB:

  1. Tidak memihak kepada militer barat maupun timur. Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir hingga mencegah terjadinya perang semakin panas yang disebabkan oleh ketegangan berbagai blok yang ada.
  2. Menentang segala bentuk penjajahan hingga imperialisme. Penjajahan bisa menimbulkan kesejahteraan sebuah negara terganggu sehingga mengalami kondisi sosial yang tidak diharapkan, maka dari hal ini pentingnya gerakan non blok menjadi penengah secara umum.
  3. Kerja sama secara internasional tentang persamaan hak. Persamaan hak disini berupa berbagai kerja sama yang membahas hak-hak dari kemanusiaan maupun ekonomi sehingga bisa mempererat hubungan antar negara Asia-Afrika dan Eropa.

Pelajari lebih lanjut

  1. Arti umum lambang GNB yomemimo.com/tugas/59777
  2. Salah satu pernyataan tentang GNB yomemimo.com/tugas/14461611
  3. Beberapa hal yang diketahui tentang GNB yomemimo.com/tugas/15246767

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Geografi

Bab: Bab 2 - Interaksi Antarnegara ASEAN

Kode: 8.8.2

#TingkatkanPrestasimu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh zhella2108 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 15 May 15