1 Setiap negara memiliki perbedaan dalam hal menerapkan sistem kepartaiannya,

Berikut ini adalah pertanyaan dari zazilatua pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Setiap negara memiliki perbedaan dalam hal menerapkan sistem kepartaiannya, namun disatu sisimemiliki kesamaan dalam hal pentingnya partai politik untuk keberlangsungan jalannya
pemerintahan yang demokratis. Menurut Sigmund Neumann: “partai politik adalah organisasi dari
aktivitas – aktivitas politik yang berusaha menguasai kekuasaan pemerintahan serta merebut
dukungan rakyat melalui persaingan dengan suatu atau golongan – golongan lain yang mempunyai
pandangan yang berbeda”.
Pertanyaan:
Kemukakan menurut Anda, peran partai politik di Indonesia dalam merebut dukungan rakyat
dilakukan melalui persaingan yang sehat! Kemukakan jawaban Anda dan kaitkan dengan sistem
kepartaian di masa reformasi Indonesia!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Partai Politik dapat berperan penting terhadap demokrasi di Indonesia. Dengan adanya partai politik, masyarakat dapat bersuara dan berpendapat tanpa ada hambatan. Partai politik di Indonesia harus benar - benar mengekspresikan keingingan rakyat.

Pembahasan:

Masyarakat Indonesia pada umumnya sejak kemerdekaan sudah tidak asing lagi mendengar atau melihat lembaga- lembaga partai politik, apalagi sejak period otonomi daerah kita sering menjumpai di daerah- daerah bahkan sampai pelosok adanya partai- partai politik, kaerena sejak period otonomi daerah partai politik sudah banyak, mulai dari partai besar sampai partai kecil ditambah lagi ditandai dengan adanya symbol atau baliho parpol yang dipasang mulai dari gedung tinggi, rumah- rumah, jalan dan pohon- pohon kayu yang pada umumnya yang ada keramaian.

Memang secara teori partai politik pertamanya lahir di Negara- negara Eropa Barat, yang diakibatkan dengan meluasnya gagasan bahwa rakyat merupakan factor yang perlu diperhitungkan serta keiikutsertaan dalam proses politik, maka itulah banyak pada saat sekarang ini partai politik lahir secara spontan dan berkembang penghubung antara rakyat dengan pemerintah, artinya partai politik menjadi perpanjangan tangan rakyat untuk menyampaikan aspirasinya kepada Pemerintah.

Secara harfiah, politik dalam bahasa Arabnya disebut “ siyasyah ” yang artinya siasat dan dalam bahasa Inggrisnya “ Politics ”. Politik memang artinya strategi, cerdik dan bijaksana yang dalam kehidupan sehari- hari mengartikan sebagai suatu cara untuk melakukan sesuatu didalam mencapai tujuan. Melihat pengertian ini, sebenarnya setiap manusia sudah berpolitik, apakah seorang pedagang, yang mempunyai pola pikir bagaiman dagangannya bisa laku dan mempunyai untung yang besar, tentu yang dipakai adalah siasat, kemudian seorang sopir, mempunyai pemikiran bagaimana supaya dapat cepat sampai ditujuan dengan waktu yang cepat pula dan lain sebagainya.

Kata politik sendiri berasal dari kata “ polis ” yang berarti negara- kota. Politik berarti ada hubungan khusus antara orang- orang yang hidup dengannya, dan aturan hubungan ini muncul dan pada akhirnya disebut kekuasaan. Ketika Anda mengasosiasikannya dengan partai politik, itu adalah kelompok terorganisir yang anggotanya memiliki arah, nilai, dan cita- cita yang sama. Tujuan kelompok ini adalah untuk mendapatkan kekuasaan politik, mengambil posisi politik( biasanya dengan cara konstitusional) dan melaksanakan kebijakan mereka

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang partai politik pada yomemimo.com/tugas/13155359

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh debyharfiani dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Sep 22