3 Ada asumsi yang mengatakan bahwa pemerintah tidak perlu ikut

Berikut ini adalah pertanyaan dari musillahardiatu pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Ada asumsi yang mengatakan bahwa pemerintah tidak perlu ikut campur dalampembangunan, sebab masyarakat dengan rasionalitasnya akan mampu mengatur dan mengurus
diri beserta lingkunganya. Namun ada pula yang mengatakan, bahwa peran pemerintah dalam
pembangunan sebaiknya dominan karena masyarakat tidak memiliki kesanggupan untuk
melakukannya, sehingga diperlukan fungsi pemerintah dalam pembangunan.
Berikan analisa Anda tentang pelaksanaan fungsi pemerintah Indonesia sebagai stabilisator
pembangunan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam aspek pembangunan, pemerintah harus berfungsi sebagai pemacu pembangunan di wilayahnya yang mencangkup kehidupan tidak hanya fisik akan tetapi huga mental spiritual. Suatu kehidupan masyarakat yang baik akan mengurangi pembangunan.  Fungsi pemerintah sebagai stabilisator pembangunan adalah menciptakan perubahan dalam aspek pembangunan agar menjadi lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menurut saya pemerintah perlu ikut andil dalam pembangunan hal ini dikarenakan pemerintah memiliki peran yang dominan di satu sisi sebagai fasilitator, disisi lain sebagai lembaga yang memiliki wewenang atas jalannnya pemerintahan di Indonesia.  Sehingga dalam dengan adanya fungsi pemerintah sebagai stabilisator, pemerintah dapat memberikan fasilitas dan kehidupan yang layak kepada masyarakat agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dan stabil.

Pembahsan

Dalam aspek pembangunan, pemerintah harus berfungsi sebagai pemacu pembangunan di wilayahnya yang mencangkup kehidupan tidak hanya fisik akan tetapi huga mental spiritual. Suatu kehidupan masyarakat yang baik akan mengurangi pembangunan.  Fungsi pemerintah sebagai stabilisator pembangunan adalah menciptakan perubahan dalam aspek pembangunan agar menjadi lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan kata lain stabilisator memiliki alat atau orang yang dapat membuat stabil. Maka fungsi pemerintah sebagai stabilisator pembangunan sangat lah diperlukan hal ini dikarenakan pemerintah memiliki peran yang dominan di satu sisi sebagai fasilitator, disisi lain sebagai lembaga yang memiliki wewenang atas jalannnya pemerintahan di Indonesia.  Sehingga dalam dengan adanya fungsi pemerintah sebagai stabilisator, pemerintah dapat memberikan fasilitas dan kehidupan yang layak kepada masyarakat agar kehidupan mereka menjadi lebih baik dan stabil.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang fungsi stabilisator yomemimo.com/tugas/7928687

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hatemonday dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 16 Sep 22