jelaskan metode yang digunakan untuk menentukan nilai Persediaan akhir bahan

Berikut ini adalah pertanyaan dari rendiscooter98 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan metode yang digunakan untuk menentukan nilai Persediaan akhir bahan baku​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

keuangan)

Metode dalam penentuan nilai persediaan

Sistem Periodik

Seperti yang saya jelaskan dibagian sebelumnya, jika sistem periodik ini baru di catat pada saat akhir bulan. Itu untuk menghitungjumlah akhir barang di akhir periode, namun untuk mencatat setiap penjualan dan pembelian akuntan wajib mencatat pembelian tersebut. Jika pihak menejemen perusahaan menggunakan metode periodik maka dapat di lihat dari adanya 2 akun. Yaitu akun pembelian yang memiliki saldo normal debet dan akun penjualan yang memiliki saldo normal kredit. Secara gampangnya jika perusahaan melakukan pembelian maka jurnalnya seperti ini: (baca juga: standar akuntansi keuangan)

Pembelian

Kas

Jika perusahan tersebut melakukan penjualan maka jurnalnya:

Kas

Penjualan

Diakhir periode dilakukan penghitungan dengan menambahkan jumlah persediaan di periode lalu dengan pembelian dan di kurangkan dengan penjualan dan hasil perhitungan fisik persediaan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghitung harga pokok penjualan. (baca juga: prosedur pengelolaan dana kas kecil)

Sistem Perpetual

Berbeda dengan sistem periodik, karena sistem perpetual harus mencatat pada saat terjadinya transaksi dan tidak diwajibkan adanya opname barang pada akhir periode. Maka dari itu harus ada pegangan harga pokok penjualan untuk dasar posting dalam ayat jurnal. Jika pada tanggal tersebut ada pembelian maka di posting seperti ini: (baca juga: laporan keuangan perusahaan dagang)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vdwi404 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 07 Jul 21