apa perbedaan neraca pembayaran dengan neraca perdagangan?

Berikut ini adalah pertanyaan dari aisyahchaerani pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa perbedaan neraca pembayaran dengan neraca perdagangan?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelas               : XI

Pelajaran         : Ekonomi

Kategori           : Bab VIII Neraca Pembayaran

Kata Kunci       : Definisi serta perbedaan neraca pembayaran dan neraca perdagangan

Kode                : 11.12.8 [Kelas XI Bab VIII Neraca Pembayaran]

Pembahasaan :

           Neraca Pembayaran yaitu sebuah ikhtisar yang menyatakan aliran pembayaran ataupun ringkasan transaksi-transaksi yang telah dilakukan antara penduduk dalam suatu negara ataupun dari negara-negara yang lain serta dari dalam negeri dengan negara yang lain berdasarkan jangka waktu yang di tetapkan (umumnya 1 tahun). Neraca pembayaran meliputi Pembelian dan pemasaran komoditas dan jasa, pemberian dari individu serta pemerintah asing, dan transaksi keuangan. Kebanyakan neraca pembayaran terpecah menjadi neraca transaksi bergerak dan neraca lalu lintas (keluar masuk) modal serta keuangan/finansial, serta item item keuangan. Serta untuk mengatur merapikan neraca pembayaran dari luar negeri ataupun neraca pembayaran internasional, dapat dibedakan antara debit dan transaksi kredit. Neraca pembayaran akan bermasalah jika neraca pembayaran mendapatkan kekurangan ataupun kerugian, yang artinya, transaksi pembayaran luar negeri melampaui penerimaan luar negeri. Hasil akhir setiap kegiatan yang dilakukan maupun transaksi yang berbentuk laporan perincian keuangan. Dalam lingkupan perdagangan suatu negara, laporan perincian itu biasanya disebut neraca pembayaran.Penggolongan neraca pembayaran suatu negara mesti berdasarkan peraturan yang telah putuskan IMF. Aturan itu sudah termuat ke dalambalance of payment textbook. Di dalam neraca pembayaran itu terdapat dua bentuk transaksi, yaitu transaksi debit telah mencetuskan kewajiban untuk pembayaran ke negara yang lain serta transaksi kredit telah mencetuskan hak penerimaan yang berasal dari suatu negara yang lain.

          Sedangkan Neraca perdagangan yaitu sebuah ikhtisar yang dipergunakan sebagai gambaran perbedaan selisih diantara nilai transaksi pembayaran ekspor dan impor sebuah negara berdasarkan jangka waktu yang di tetapkan. Neraca sebuah negara yang positif menggambarkan bahwa negara tersebut mendapati ekspor yang junlah moneternya mengungguli impor, yang biasanya disebut surplus perniagaan atau perdagangan. Perdagangan internasional dapat melibatkan beragam transaksi pembayaran ekonomi diantara satu negara dan negara lain. Transaksi pembayaran ekonomi tersebut lalu dicatat menjadi bentuk neraca. Neraca perdagangan Internasional adalah salah satu bagian yang sangat penting bagi neraca pembayaran internasional. 

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh tessy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 Aug 15