Pengelolaan zakat fitrah setiap tahun di masyarakat yang kita ketahui

Berikut ini adalah pertanyaan dari shelaput5833 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pengelolaan zakat fitrah setiap tahun di masyarakat yang kita ketahui pada saat ini tidak tampak mengalami perubahan yang signifikan terhadap pengurangan angka kemiskinan, hal ini dikarenakan …

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengelolaan zakat fitrah yang dilakukan rutin setiap tahun oleh masyarakat yang telah kita ketahui hingga saat ini myatanya tidak memberikan dampak baik bahkan tidak mengalami perubahasan yang signifikan terhadap penurunan angka kemiskinan. Hal ini terjadi karena masih rendahnya penghimpunan zakat tersebut sehingga menyebabkan masih banyak masyarakat yang tidak membayarkan zakatnya secara formal, sehingga tidak tercatat. Jadi mereka membayarnya langsung, tidak melalui lembaga zakat.

Pembahasan

Zakat, salah satu dari lima rukun Islam, sangat penting. Ada beberapa jenis zakat, antara lain zakat fitrah dan zakat mal. Zakat berasal dari bentuk kata “Zaka” yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh dan berkembang. Disebut zakat karena mengandung harapan untuk diberkati, mensucikan jiwa, dan menumbuhkannya dengan berbagai kebaikan. Zakat adalah bagian tertentu dari kekayaan yang  setiap Muslim harus menghabiskan ketika kondisi yang ditetapkan tercapai. Sebagai salah satu rukun Islam, zakat dibayarkan kepada mereka yang berhak menerimanya (asnaf). Zakat adalah harta yang harus dikeluarkan oleh seorang Muslim atau badan milik Muslim untuk memberikannya kepada mereka yang berhak menerimanya menurut hukum Islam.

Secara umum, zakat dapat dibagi menjadi dua jenis: zakat fitrah dan zakat mal. Zakat Fitrah (zakat alfitr) adalah zakat yang diamanatkan oleh seluruh jiwa baik laki-laki maupun perempuan Islam laki-laki dan perempuan selama bulan Ramadhan. Zakat Fitrah adalah zakat wajib yang dilaksanakan antara bulan Ramadhan dan shalat Idul Fitri bagi seluruh jiwa baik laki-laki maupun perempuan Islam. Zakat Maru, di sisi lain, adalah zakat yang dikenakan pada semua jenis aset, dan perolehannya secara substansial atau substansial konsisten dengan peraturan agama. Misalnya terdiri dari uang, emas, surat berharga, pendapatan profesional, dan sebagainya. Zakat mal adalah zakat yang dikenakan pada semua jenis harta, dan perolehannya sesuai dengan ketentuan agama yang substantif atau material.

Pelajari lebih lanjut

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: PAI

Bab: Ketentuan Zakat

Kode: -

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 29 Aug 21