Sebutkan pengertian dari scratch. Lalu arti - arti tombol -

Berikut ini adalah pertanyaan dari abigail171801002 pada mata pelajaran Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Dasar

Sebutkan pengertian dari scratch. Lalu arti - arti tombol - tombolnya contoh tombol yang motion dan artiknlahIni termasuk pelajaran komputer bagi yang belum mengetahui tentang scratch bukalah aplikasinya di hp atau laptop kalian scratch bukan di download sudah ada di google

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Scratch adalah bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk pemula yang bisa digunakan untuk membuat games, animasi, atau projek-projek lain.

Tombol-tombol Motion:

Move ( ) steps -> Jika memasukkan sebuah angka kedalam kurung, sprite akan bergerak maju sesuai angka ke arah yang ditetapkan.

Turn right ( ) degrees -> Jika memasukkan sebuah angka kedalam kurung, sprite akan berputar searah jarum jam sebanyak derajat yang ditetapkan.

Turn left ( ) degrees -> Jika memasukkan sebuah angka kedalam kurung, sprite akan berputar melawan jarum jam sebanyak derajat yang ditetapkan.

Go to (⬇︎) - > Setelah memilih sebuah sprite dari kurung, sprite yang diberikan kode ini akan berada di posisi sprite yang dipilih.

Go to x:( ) y:( ) -> Setelah memberikan angka pada 2 kurung dalam kode, sprite akan berada di posisi x dan y yang diberikan.

Glide ( ) secs to (⬇︎) - > Setelah memberikan angka dalam kurung dan memilih sprite dalam kurung, sprite yang diberikan kode akan pergi ke posisi sprite yang dipilih selama detik yang diberikan.

Glide ( ) secs to x:( ) y:( ) -> Setelah memberikan angka dalam 3 kurung, sprite akan bergerak selama detik yang diberikan ke posisi x dan y yang ditetapkan.

Point in direction ( ) -> Sprite akan mengarah ke arah yang ditentukan.

Point towards (⬇︎) -> Sprite akan mengarah ke sprite yang ditentukan.

Change x by:( ) -> Posisi x sprite akan berubah sebanyak yang diberikan dalam kurung.

Set x to: ( ) -> Posisi x sprite akan diatur ke posisi yang diberikan dalam kurung.

Change y by:( ) -> Posisi y sprite akan berubah sebanyak yang diberikan dalam kurung.

Set y by:( ) -> Posisi y sprite akan diatur ke posisi yang diberikan dalam kurung.

If on edge, bounce -> Jika sprite menyentuh bagian ujung layar, sprite akan menjauh ke posisi lain secara acak.

Set rotation style (⬇︎) -> Style rotasi sprite akan ditetapkan setelah memilih style rotasi seperti:

All around: Sprite dapat mengarah 360 derajat.

Left-right: Sprite dapat mengarah hanya kiri dan kanan.

Don't rotate: Sprite hanya mengarah 90 derajat.

Tombol-tombol Control:

Wait ( ) seconds -> Sprite akan menunggu selama detik yang ditentukan sebelum melakukan kode selanjutnya.

Repeat ( ) -> Sprite akan mengulangi kode yang dimasukkan ke blok ini sampai jumlah waktu yang ditentukan.

Forever -> Kode sprite yang dimasukkan ke dalam blok ini akan diulangi berkali-kali/tanpa batas.

If < > then -> Kode yang dimasukkan dalam blok ini akan berjalan setelah kode Sensing/Operator dimasukkan dalam tempat di antara tulisan If dan then berjalan.

If < > then else -> Kode yang dimasukkan dalam blok ini akan berjalan setelah kode Sensing/Operator yang dimasukkan dalam tempat di antara tulisan If dan then berjalan, namun jika tidak berjalan, kode yang dimasukkan dari else akan berjalan.

Wait until < > -> Sprite akan menunggu sampai kode Sensing/Operator yang dimasukkan dalam blok ini berjalan.

Repeat until < > -> Sprite akan mengulangi kode di blok ini sampai kode Sensing/Operator yang dimasukkan dalam blok ini berjalan.

Stop (⬇︎) -> Kode sprite akan berhenti sesuai yang dipilih dalam kurung seperti:

All: Kode semua sprite dalam projek yang diberikan kode ini akan berhenti.

This script: Jika kode ini dimasukkan dalam sebuah if then dll(Control), kode ini akan memberhentikan kode Control tersebut.

Other scripts in sprite: Kode ini akan memberhentikan semua kode kecuali kode yang dipasang kode ini

SEMOGA MEMBANTU :D

JADIKAN JAWABAN TERCERDAS :D

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh danisharfarrasy dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 30 Aug 22