1. Jelaskan yang dimaksud dengan Scratch dan berikan definisi menurut

Berikut ini adalah pertanyaan dari fauzansalzabil10 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Jelaskan yang dimaksud dengan Scratch dan berikan definisi menurut anda! 2. Sebutkan minimal 5 contoh perintah program dari code menu di "Events" yang ada pada aplikasi Scratch! 3. Sebutkan Minimal 5 contoh perintah program dari code menu di "Control" yang ada pada aplikasi Scratch! 4. Untuk menjalankan dan memberhentikan objek/gambar yang ada pada aplikasi scratch apa nama dari perintah tersebut! 5. Sebutkan 3 macam bahasa pemrograman yang kalian Ketahui​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Scratch adalah sebuah aplikasi pemrograman visual yang didesain untuk memudahkan anak-anak dan pemula dalam belajar coding. Scratch memungkinkan pengguna membuat proyek animasi, game, dan interaktif lainnya dengan cara menyusun blok-blok kode visual secara logis. Definisi saya tentang Scratch adalah sebuah aplikasi pemrograman visual yang memudahkan anak-anak dan pemula dalam belajar coding dengan cara menyusun blok kode visual secara logis tanpa perlu menghafal sintaks bahasa pemrograman.

2. Contoh perintah program dari code menu di "Events" pada aplikasi Scratch antara lain:

- When Flag Clicked: menjalankan program ketika bendera di klik

- When Space Key Pressed: menjalankan program ketika tombol spasi ditekan

- When Green Flag Clicked: menjalankan program ketika bendera hijau di klik

- When Sprite Clicked: menjalankan program ketika objek di klik

- When Timer reaches: menjalankan program ketika waktu yang diatur mencapai batas waktu yang ditentukan

3. Contoh perintah program dari code menu di "Control" pada aplikasi Scratch antara lain:

- Repeat: mengulangi sebuah blok kode sebanyak jumlah yang diatur

- Forever: menjalankan blok kode secara terus menerus

- If/Else: menjalankan blok kode jika syarat terpenuhi, dan menjalankan blok kode lain jika syarat tidak terpenuhi

- Wait: menunggu beberapa detik sebelum menjalankan blok kode berikutnya

- Broadcast: mengirim pesan ke objek lain di dalam proyek Scratch

4. Nama perintah untuk menjalankan dan memberhentikan objek/gambar pada aplikasi Scratch adalah "Green Flag" untuk menjalankan objek dan "Stop" untuk memberhentikan objek.

5. Tiga macam bahasa pemrograman yang saya ketahui adalah Python, Java, dan C++.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh putrasugiarto84 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 06 Aug 23