1. Berfikir komputasional Bermain sortir, representasi data stack, optimalisasi penjadwalan,kodifikasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari hiiigvrlll pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Berfikir komputasional Bermain sortir, representasi data stack, optimalisasi penjadwalan,kodifikasi boolean2.Teknik2 Berpikir Komputasional Pondasi berfikir komputasional Dekomposisi, pengenalan pola, algoritma, abstraksi
3. Contoh berpikir komputasional
4.tokoh penemu berfikir komputasional 5. Algoritma
6. langkah-langkah algoritma
7.peramban search engine
8. Surat elektronik
9. File,folder
10.permagkat komputer, hardware,software,brainware Perangkat input,perangkat output 11.setting wallpaper



tolong berikan cara dan pengertian tolong bgt inimah​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berfikir komputasional adalah cara berpikir yang menggunakan pendekatan sistematis, logis, dan terstruktur untuk menyelesaikan masalah melalui pemecahan masalah dengan bantuan komputer. Berfikir komputasional dapat digunakan dalam berbagai bidang seperti matematika, ilmu komputer, dan lainnya.

Teknik-teknik berpikir komputasional yang dapat digunakan adalah dekomposisi, yaitu memecah masalah besar menjadi beberapa submasalah yang lebih kecil; pengenalan pola, yaitu menemukan pola-pola yang terdapat dalam data untuk memprediksi hasil masalah; algoritma, yaitu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan masalah; dan abstraksi, yaitu mengidentifikasi informasi yang penting dari informasi yang tidak penting dalam masalah.

Contoh berpikir komputasional dapat dilihat dalam pemecahan masalah seperti menyortir buku-buku di perpustakaan berdasarkan tahun terbit, mencari jalur terpendek dari satu tempat ke tempat lain dengan menggunakan rute yang terdapat dalam peta, dan mengelompokkan data siswa berdasarkan nilai rata-rata.

Salah satu tokoh penemu berfikir komputasional adalah Alan Turing, seorang ahli matematika dan logika asal Inggris. Ia dikenal sebagai "bapak ilmu komputer" karena perannya dalam membangun dasar-dasar teori komputer dan algoritma.

Algoritma adalah sekumpulan langkah-langkah yang harus dilakukan secara sistematis dan terstruktur untuk menyelesaikan suatu masalah. Algoritma dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti matematika, ilmu komputer, dan lainnya.

Langkah-langkah algoritma terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

Identifikasi masalah dan tujuan yang ingin dicapai

Analisis masalah dan identifikasi solusi yang mungkin

Buat alur kerja secara sistematis dan terstruktur

Uji kembali algoritma untuk memastikan hasil yang diinginkan

Implementasikan algoritma untuk menyelesaikan masalah.

Peramban (browser) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjelajah internet. Peramban biasanya terdiri dari antarmuka pengguna, mesin rendering halaman, dan mesin pencari (search engine).

Surat elektronik (email) adalah sebuah sistem komunikasi elektronik yang memungkinkan pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara elektronik melalui internet. Surat elektronik biasanya menggunakan protokol komunikasi seperti SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) dan IMAP (Internet Message Access Protocol).

File adalah sekumpulan data yang disimpan dalam suatu media penyimpanan seperti hard disk, flash disk, atau CD. File biasanya diberi nama dan dikelompokkan ke dalam folder sesuai dengan kategori atau tujuannya.

Perangkat komputer terdiri dari hardware, software, dan brainware. Hardware adalah bagian fisik dari komputer seperti prosesor, memori, dan perangkat keras lainnya. Software adalah perangkat lunak yang mengatur kerja hardware dan memberikan fungsi tambahan kepada komputer. Brainware adalah pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki oleh pengguna komputer dalam menggunakan dan memanfaatkan komputer. Perangkat input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner. Sedangkan perangkat output adalah perangkat yang digunakan untuk menampilkan hasil dari proses komputer, seperti monitor, printer, dan speaker.

Setting wallpaper adalah proses mengubah gambar latar belakang layar komputer. Untuk mengubah wallpaper, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Klik kanan pada layar komputer

Pilih opsi "Personalize" atau "Properties"

Pilih tab "Desktop" atau "Background"

Klik tombol "Browse" atau "Change Picture"

Pilih gambar yang ingin Anda jadikan wallpaper dari folder yang tersedia

Klik tombol "Open" atau "Apply" untuk mengubah wallpaper.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh pecintasolawatnabi10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 07 Mar 23