1. jelaskan indikator berfikir kompilasi menurut csta 20112. apa yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari nessanirmala01 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. jelaskan indikator berfikir kompilasi menurut csta 20112. apa yang di maksud dengan efisien dan efektif
3. apa perbedaan decomposition dan abstraksi
4. apa yang kamu ketahui tentang otomatisasi
5. sebutkan karakteristik berfikir komputasi
6. sebutkan langkah dasar dalam menghadapi masalah
7. sebutkan hal yang harus di perhatikan dalam mengevaluasi masalah
8. mengapa hewan berang-berang di jadikan sebagai lambang bebras
9. jelaskan pengertian berfikir komputasi menurut Munir 2014
10. apa yang kamu ketahui tentang bill gates

bantu jawab kak mapel TIK​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1.Menurut CSTA (Computer Science Teachers Association) tahun 2011, indikator berfikir kompilasi adalah kemampuan seseorang dalam mengambil informasi yang ada, menganalisis informasi tersebut, dan membuat suatu kesimpulan baru. Indikator ini berfokus pada kemampuan seseorang dalam memahami, menganalisis, dan menyusun kembali informasi yang kompleks menjadi bentuk yang lebih mudah dipahami.


2.Efisien dan efektif adalah dua konsep yang berbeda namun saling terkait dalam konteks pengelolaan sumber daya.


3.Decomposition dan abstraksi adalah dua konsep penting dalam pemrograman yang berkaitan dengan bagaimana menguraikan masalah yang kompleks menjadi bagian-bagian yang lebih sederhana dan terorganisir.


4.Otomatisasi adalah proses menggantikan tugas manusia dengan teknologi atau mesin yang dapat melakukan tugas tersebut secara otomatis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, akurasi, dan konsistensi dalam sebuah proses atau sistem. Contoh otomatisasi meliputi produksi massal, perakitan robotik, pengolahan data otomatis, dan pengendalian mesin atau peralatan dengan sistem kontrol yang terprogram.


5.Berikut adalah beberapa karakteristik berfikir komputasi:

   1.Pemecahan masalah: Kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks dan menemukan solusi dengan menggunakan algoritma dan pengkodean.
    2.Keterampilan algoritma: Kemampuan untuk mengembangkan algoritma dan menggunakannya untuk menyelesaikan masalah.

    3.Representasi data: Kemampuan untuk merepresentasikan data dan informasi dalam bentuk yang dapat dipahami oleh komputer dan manusia.


6. Berikut adalah langkah-langkah dasar dalam menghadapi masalah:

    1.Identifikasi masalah: Langkah pertama adalah mengidentifikasi masalah secara jelas dan spesifik.

    2.Analisis masalah: Setelah masalah diidentifikasi, lakukan analisis terhadap masalah tersebut. Pahami penyebab masalah dan dampaknya terhadap lingkungan atau orang yang terlibat.

    3.Kumpulkan informasi: Kumpulkan informasi dan data terkait masalah yang sedang dihadapi. Informasi ini dapat digunakan untuk membuat keputusan dan solusi yang tepat.


7.Dalam mengevaluasi masalah, hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain:

1.Tujuan: Evaluasi harus dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana masalah telah diatasi atau diselesaikan.

2.Kriteria: Kriteria evaluasi harus jelas dan spesifik, sehingga dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan penyelesaian masalah.

3.Data: Evaluasi memerlukan data yang akurat dan valid untuk mengevaluasi penyelesaian masalah.


8.Hewan berang-berang (beaver) dipilih sebagai lambang Bebras karena kemampuan hewan ini dalam membangun "rumah" atau tempat tinggal yang kompleks dan canggih. Kemampuan ini mencerminkan kemampuan dalam pemecahan masalah yang kompleks dan kreativitas dalam merancang solusi yang efektif. Selain itu, hewan berang-berang juga terkenal akan kemampuannya dalam bekerja sama dalam kelompok dalam membangun dan mempertahankan rumah mereka, yang mencerminkan pentingnya kolaborasi dan teamwork dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, hewan berang-berang dianggap sebagai simbol yang tepat untuk merepresentasikan kompetisi pemecahan masalah komputasi Bebras.


9.Menurut Munir (2014), berfikir komputasi adalah kemampuan untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan dengan menggunakan konsep-konsep dan teknik yang terkait dengan komputasi. Berfikir komputasi melibatkan kemampuan untuk memodelkan masalah dalam bentuk algoritma dan struktur data, kemampuan untuk menganalisis dan memecahkan masalah, serta kemampuan untuk berkomunikasi dengan teknologi dan merancang solusi yang berbasis teknologi. Berfikir komputasi bukan hanya tentang pemrograman komputer, tetapi juga tentang kemampuan untuk menerapkan prinsip-prinsip komputasi pada masalah kehidupan sehari-hari.


10. Bill Gates adalah seorang pengusaha, investor, dan filantropis Amerika Serikat yang terkenal sebagai pendiri Microsoft Corporation, perusahaan teknologi yang sangat sukses dan terkemuka di dunia. Gates lahir pada tanggal 28 Oktober 1955 di Seattle, Washington, dan mulai menunjukkan minatnya pada komputer sejak usia dini. Pada usia 13 tahun, ia menulis program komputer pertamanya dan mendirikan perusahaan pertamanya pada usia 17 tahun.

Pada tahun 1975, Gates bersama dengan rekannya Paul Allen, mendirikan Microsoft dan menciptakan sistem operasi MS-DOS yang menjadi cikal bakal kesuksesan perusahaan tersebut. Kemudian, Microsoft mengembangkan sistem operasi Windows, yang menjadi produk yang sangat sukses di seluruh dunia. Gates kemudian memimpin Microsoft sebagai CEO hingga tahun 2000 dan terus berperan sebagai ketua dewan hingga tahun 2014.

Selain kesuksesannya dalam dunia bisnis, Gates juga terkenal sebagai filantropis. Melalui Bill and Melinda Gates Foundation yang didirikannya bersama istrinya, ia telah menyumbangkan miliaran dolar untuk membantu berbagai program kemanusiaan, termasuk program kesehatan dan pendidikan di seluruh dunia.

Maaf y kalau salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh tammamu09 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 01 Jul 23