1. Buatlah program sederhana menggunakan aturan (rule) dan fakta(fact) di

Berikut ini adalah pertanyaan dari elfinambar pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Buatlah program sederhana menggunakan aturan (rule) dan fakta(fact) di dalam file .pl. Program tersebut minimal menggunakan konsep

dasar Pemrograman Logika seperti tautologi, implikasi, konjungsi,

disjungsi, negasi, dan quantifier. Program tersebut dapat berupa

permainan tebak-tebakan atau program untuk menentukan suatu

kategori suatu objek.


2. Tulislah uraian singkat mengenai sejarah Pemrograman Logika.

Sebutkan juga 3 bahasa pemrograman yang menggunakan konsep

Pemrograman Logika dan kapan pertama kali diperkenalkan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

NOMOR 1

% Fakta

kucing(bulunya_lunak).

kucing(punya_kumis).

kucing(suka_ikan).

% Aturan

ciri_kucing(X) :-

   kucing(X),

   write('Ciri-ciri kucing: '),

   write(X),

   nl.

% Main program

start :-

   write('Selamat datang di permainan tebak-tebakan ciri-ciri kucing!'),

   nl,

   write('Silakan jawab dengan "ya" atau "tidak"'),

   nl,

   ciri_kucing(bulunya_lunak),

   read(Jawaban1),

   (

       Jawaban1 == ya ->

           ciri_kucing(punya_kumis),

           read(Jawaban2),

           (

               Jawaban2 == ya ->

                   ciri_kucing(suka_ikan),

                   read(Jawaban3),

                   (

                       Jawaban3 == ya ->

                           write('Jawaban Anda benar, kucing!'),

                           nl

                       ;

                           write('Jawaban Anda salah!'),

                           nl

                   )

               ;

                   write('Jawaban Anda salah!'),

                   nl

           )

       ;

           write('Jawaban Anda salah!'),

           nl

   ).

NOMOR 2

Pemrograman Logika adalah paradigma pemrograman yang berfokus pada logika dan hubungan matematis antar objek. Sejarah Pemrograman Logika bermula pada tahun 1960-an, ketika logika matematika mulai diaplikasikan ke dalam pemrograman komputer. Bahasa pemrograman pertama yang menggunakan konsep Pemrograman Logika adalah IPL (Information Processing Language), yang dikembangkan oleh Allen Newell, J. C. Shaw, dan Herbert A. Simon pada tahun 1956.

Pada tahun 1970-an, bahasa pemrograman Prolog (Programming in Logic) dikembangkan oleh Alain Colmerauer dan Philippe Roussel di University of Aix-Marseille, Prancis. Prolog adalah bahasa pemrograman logika paling terkenal dan populer hingga saat ini, karena kemampuannya dalam mengatasi permasalahan kecerdasan buatan dan pemrosesan bahasa alami.

Selain Prolog, ada juga bahasa pemrograman LOGO (Learning-Log) yang dikembangkan oleh Seymour Papert dan Wally Feurzeig pada tahun 1967. LOGO awalnya dirancang sebagai bahasa pemrograman untuk anak-anak, yang mengajarkan prinsip-prinsip dasar matematika dan logika dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Kemudian, pada tahun 1980-an, bahasa pemrograman Miranda dan Haskell juga menggunakan konsep Pemrograman Logika dalam pengembangannya. Miranda dikembangkan oleh David Turner di University of Kent, Inggris, sementara Haskell dikembangkan oleh Simon Peyton Jones dan Philip Wadler di University of Glasgow dan University of Edinburgh, Skotlandia. Kedua bahasa ini dikenal sebagai bahasa pemrograman fungsional yang mendukung penggunaan konsep Pemrograman Logika secara efektif.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh adambybudiman dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 25 Jun 23