jika bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika di

Berikut ini adalah pertanyaan dari childfell pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jika bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika di luar dari bagian K bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan di masukkan ke pintu nomor berapa?Pilih salah satu:

A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1.

B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2.

C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2.

D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3.

Jawaban kalian adalah: .....

Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut. Jika

kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara

penyelesaian dengan gambar​
jika bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegi ketika di luar dari bagian K bentuk adonan awal apa yang harus dimasukkan ke mesin dan di masukkan ke pintu nomor berapa?Pilih salah satu:A. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 1.B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran ( ) ke lubang input nomor 2.C. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 2.D. Berikan input adonan berbentuk segitiga ( ) ke lubang input nomor 3.Jawaban kalian adalah: .....Tuliskan dengan ringkas, cara kalian menyelesaikan masalah tersebut. Jika kalian lebih suka menggambar, kalian juga boleh menuliskan cara penyelesaian dengan gambar​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jika Bobo ingin mendapatkan sebuah kue berbentuk persegiketikakeluar dari bagian K, yang harus dilakukan adalah:
B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran (●) ke lubang input nomor 2.

Pembahasan

Untuk persoalan ini, kita bisa saja melakukan penelusuran berdasarkan opsi jawaban yang tersedia. Namun, pada jawaban ini, kita lakukan penelusuran yang lebih lengkap, baru kemudian memilih opsi jawaban yang sesuai.

Kita lakukan backtracking (penelusuran mundur) terlebih dahulu, dari pintu keluar (output) K, karena pada jalur terakhir sebelum pintu keluaran K, terdapat 2 alat pembentuk adonan yang harus dilalui, baik dari input 1, 2 maupun 3.

Kita telusuri dua alat terakhir.

\large\text{$\begin{aligned}\left(\blacktriangle\to\blacksquare\right)\to\left({\Large\text{$\bullet$}}\to\blacktriangle\right)\end{aligned}$}

Agar keluaran berbentuk persegi, output dari alat \blacktriangle\to\blacksquare harus persegi atau segitiga, agar alat terakhir tidak mengubah bentuknya.

Oleh karena itu, sebelum memasuki kedua alat terakhir tersebut, adonan harus berbentuk PERSEGI atau SEGITIGA.

Kemudian, kita terlusuri dari pintu masuknya (input) sampai sebelum melalui kedua alat terakhir.

Pintu masuk 1

\large\text{$\begin{aligned}&\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\end{aligned}$}

  • Jika input adonan berbentuk persegi, output alat pertama adalah segitiga, kemudian output alat kedua tetap segitiga.
  • Jika input adonan berbentuk segitiga, output alat pertama tetap segitiga, begitu juga output alat kedua.
  • Jika input adonan berbentuk lingkaran, baik alat pertama maupun kedua tidak mengubah bentuk, tetap lingkaran.

KESIMPULAN 1:
∴  Jadi, bentuk adonan awal untuk pintu masuk 1 agar kue berbentuk persegi keluar dari pintu keluaran K adalah: PERSEGI atau SEGITIGA.

Pintu masuk 2

\large\text{$\begin{aligned}&\left({\Large\text{$\bullet$}}\to\blacksquare\right)\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\end{aligned}$}

Jika input adonan berbentuk lingkaran:
\large\text{$\begin{aligned}{\Large\text{$\bullet$}}\to\left({\Large\text{$\bullet$}}\to\blacksquare\right)\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacksquare\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacksquare\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacktriangle\end{aligned}$}

Jika input adonan berbentuk persegi:
\large\text{$\begin{aligned}\blacksquare\to\left({\Large\text{$\bullet$}}\to\blacksquare\right)\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacksquare\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacksquare\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacktriangle\end{aligned}$}

Jika input adonan berbentuk segitiga:
\large\text{$\begin{aligned}\blacktriangle\to\left({\Large\text{$\bullet$}}\to\blacksquare\right)\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\=\blacktriangle\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\={\Large\text{$\bullet$}}\to\left(\,\blacksquare\to\blacktriangle\right)\\={\Large\text{$\bullet$}}\end{aligned}$}

KESIMPULAN 2:
∴  Jadi, bentuk adonan awal untuk pintu masuk 2 agar kue berbentuk persegi keluar dari pintu keluaran K adalah: LINGKARAN atau PERSEGI.

Pintu masuk 3

\large\text{$\begin{aligned}\left(\,\blacksquare\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\to\left(\blacktriangle\to{\Large\text{$\bullet$}}\right)\end{aligned}$}

  • Jika input adonan berbentuk persegi, alat pertama akan mengubahnya menjadi berbentuk lingkaran, kemudian alat kedua tidak mengubah bentuk.
  • Jika input adonan berbentuk segitiga, alat pertama tidak mengubah bentuk, kemudian alat kedua akan mengubahnya menjadi berbentuk lingkaran.
  • Jika input adonan berbentuk lingkaran, baik alat pertama maupun alat kedua tidak mengubah bentuk adonan.

KESIMPULAN 3:
∴  Adonan kue tidak boleh masuk melalui pintu masuk 3.

RANGKUMAN KESIMPULAN

Kue berbentuk persegi akan diperoleh dari pintu keluaran K, jika adonan tidak dimasukkan melalui pintu masuk 3.

Untuk pintu masuk 1 dan 2:

  • Bentuk adonan awal melalui pintu masuk 1:
    PERSEGI atau SEGITIGA, atau
  • Bentuk adonan awal melalui pintu masuk 2:
    LINGKARAN atau PERSEGI.

KESIMPULAN AKHIR

∴  Dengan demikian, dari semua opsi jawaban, yang benar adalah:
B. Berikan input adonan berbentuk lingkaran (●) ke lubang input nomor 2.
____________________

Detail Jawaban

Mata Pelajaran: Informatika
Kelas: VIII
Materi: Bab 2 - Berpikir Komputasional
Kode Kategorisasi: 11.8.2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh henriyulianto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 23 Nov 22