Berikut ini adalah pertanyaan dari fitriaaulia183 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Untuk membuat sprite bergerak dan memantul secara terus menerus saat tombol G ditekan, bisa menggunakan library Pygame pada bahasa Python. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:
```
import pygame
pygame.init()
# set up the screen
screen_width = 800
screen_height = 600
screen = pygame.display.set_mode((screen_width, screen_height))
# set up the sprite
sprite_width = 50
sprite_height = 50
sprite_x = screen_width / 2 - sprite_width / 2
sprite_y = screen_height / 2 - sprite_height / 2
sprite_speed = 5
sprite_direction = "right"
# main game loop
while True:
# handle events
for event in pygame.event.get():
if event.type == pygame.QUIT:
pygame.quit()
quit()
# check if the G key is pressed
if event.type == pygame.KEYDOWN and event.key == pygame.K_g:
# change the sprite's direction
if sprite_direction == "right":
sprite_direction = "left"
else:
sprite_direction = "right"
# move the sprite
if sprite_direction == "right":
sprite_x += sprite_speed
else:
sprite_x -= sprite_speed
# check if the sprite hits the edge of the screen
if sprite_x < 0 or sprite_x + sprite_width > screen_width:
# change the sprite's direction
if sprite_direction == "right":
sprite_direction = "left"
else:
sprite_direction = "right"
# draw the sprite on the screen
sprite_rect = pygame.draw.rect(screen, (255, 0, 0), (sprite_x, sprite_y, sprite_width, sprite_height))
# update the screen
pygame.display.update()
```
Penjelasan kode:
- Pertama-tama, kita memanggil library Pygame dan menginisialisasi Pygame.
- Kemudian, kita membuat jendela Pygame dengan ukuran 800x600 piksel.
- Selanjutnya, kita mengatur sprite dengan ukuran 50x50 piksel dan posisi tengah pada jendela.
- Kita juga mengatur kecepatan sprite dan arah awal sprite (akan bergerak ke kanan).
- Di dalam loop utama, kita menangani event Pygame. Jika event type adalah QUIT, maka kita keluar dari loop dan keluar dari program.
- Jika event type adalah KEYDOWN dan key yang ditekan adalah G, maka kita mengubah arah sprite (jika awalnya ke kanan, maka berubah ke kiri, dan sebaliknya).
- Selanjutnya, kita menggerakkan sprite sesuai dengan arah yang ditentukan.
- Setiap kali sprite bergerak, kita memeriksa apakah sprite mencapai tepi jendela. Jika ya, maka kita mengubah arah sprite.
- Terakhir, kita menggambar sprite di posisi yang baru dan mengupdate tampilan jendela.
Dengan kode ini, sprite akan bergerak ke kanan hingga mencapai tepi jendela, kemudian memantul ke kiri dan terus bergerak ke kiri hingga mencapai tepi jendela, dan seterusnya. Jika tombol G ditekan, sprite akan memantul di arah yang berlawanan.
Semoga membantu :)
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh saalfatih dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Mon, 12 Jun 23