Berikut ini adalah pertanyaan dari cavazuz05 pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Jawaban:
ada beberapa material yang saya aplikasinya pada desain saya, seperti material batu paras hitam, material kaca, material batu sikat, material rumput, material bata, material paving, material atap, material keramik, dll.
➥ Penyetingan Material Batu Paras Hitam:
Kesan realistis pada material batu paras hitam didapat dari efek timbul material itu sendiri. Untuk penyetingannya teman2 bisa ikuti langkah dibawah ini:
Seleksi material yang ingin disetting dengan cara kliik toolbar Paint Bucket, kemudian pada kotak dialog material klik Sample Paint → dilanjutkan dengan mengklik komponen material pada gambar 3 dimensi yang ingin disetting (dalam hal ini klik bagian yang berisikan material batu paras hitam).
Kemudian, klik material editor pada plugin V-ray yang ada pada sketchup, umumya berlogo “M”.
Pada V-ray material editor, pada bagian “Maps” → beri tanda centang pada pilihan Bump → dan isi dengan nilai 2. (Pada pilihan Bump ini, semakin besar nilai yang kita berikan maka semakin tinggi tingkat ketimbulan dari material tersebut, namun efek sampingnya saat di render akan membutuhkan waktu yang cukup lama).
Untuk melihat hasil settingan, klik tombol “Preview”
Untuk material lain seperti material bata, material paving, material batu sikat, dan material atap, penyetingannya sama dengan penyetingan material batu paras hitam. Dengan nilai bump sesuaikan dengan keinginan teman2. Selamat mencoba!
➥ Penyetingan Material Kaca:
Pada material kaca ini, saya akan menerapkan efek reflection agar objek yang ada di depannya memiliki kesan terpantul dan akan terlihat semakin realistis. Adapun langkah-langkahnya adalah:
Seleksi material yang ingin disetting dengan cara kliik toolbar Paint Bucket, kemudian pada kotak dialog material klik Sample Paint → dilanjutkan dengan mengklik komponen material pada gambar 3 dimensi yang ingin disetting (dalam hal ini klik bagian yang berisikan material kaca).
Kemudian, klik material editor pada plugin V-ray yang ada pada sketchup, umumya berlogo “M”
Pada kotak pilihan Reflection, saya beri nilai 1.1 (semakin tinggi nilainya, semakin tinggi pula tinggat pantulan (reflection) dari material kaca tersebut), teman2 bisa mengisi nilai tersebut sesuai dengan keinginan dan selera teman2. Dan jika ingin melihat hasil setingan dengan cara klik tombol Preview yang ada dibawah material editor
Untuk mengatur tingkat “Kekinclongan” dari material kaca, klik tombol “M”
Kemudian pilih TexFresnel pada bagian bawah gambar diatas, kemudian saya akan mengatur nilai IOR dan Refract IOR, dan masing masing dengan nilai 1.6 (Sesuaikan dengan selera teman2)
Nah, pada bagian Parallel yang terletak diatas IOR, atur warna untuk memberikan tampilan pada kaca, semakin mendekati warna putih maka semakin bening warna kaca
Kemudian klik OK
Untuk material lain seperti material keramik, saya akan memberikan efek reflection juga, sehingga penyetingannya sama dengan penyetingan material kaca
Untuk penyetingan material di V-ray saya aplikasikan sederhana saja, seperti penjelasan saya diatas. Karena semakin detail kita mengatur penyetingan material di V-ray, maka semakin tinggi pula spesifikasi laptop yang dibutuhkan. Dan berhubung laptop saya bukan kategori high spec, jadi penyetingan material saya aplikasikan sederhana saja. Yang terpenting adalah gambar yang dihasilkan sudah memenuhi keinginan kita.
➤ Setting Option Editor V-ray
Saat pengaturan material sudah selesai dilakukan, selanjutnya dilakukan penyetingan pada “Option Editor” dengan klik logo “O” pada plugin V-ray.
Pada GI (skylight) seperti gambar dibawah ini, kita akan mengatur nilainya, dalam kasus ini saya akan mengisi nilai 0.3 (agar tidak terlalu terang), karena semakin tinggi nilainya, makan akan memberikan tingkat kecerahan yang tinggi pula.
Kemudian, pada pilihan reflection/refraction (background)
Selanjutnya, untuk mengatur background Sketchup klik logo “M” yang ada pada reflection/refraction (background)
Pada piihan “File” import file HDRI yang teman2 punya dengan format .hdr
Kemudian scroll kebawah, pada pilihan UVW Type pilih UVWGenEnvironment → kemudian klik OK
Kemudian pada pilihan Mapping type Pilih Screen
Penyetingan untuk background skethchup sudah selesai.
Penjelasan:
semoga membantu
maaf jika tidak paham
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh inumakitogeee dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Mon, 05 Jul 21