Berikut ini adalah pertanyaan dari indah74setia pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Dasar
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Jawaban:
1. Data adalah kumpulan informasi yang disajikan dalam bentuk angka, teks, gambar, suara, atau kombinasi dari beberapa bentuk tersebut. Data memiliki arti dan nilai yang penting dalam pengambilan keputusan, analisis, dan pemecahan masalah dalam berbagai bidang, seperti bisnis, sains, teknologi, kesehatan, dan sebagainya.
Data yang baik harus akurat, relevan, terkini, dan terpercaya. Dalam era digital saat ini, data semakin menjadi hal yang penting karena banyak bisnis dan organisasi yang mengandalkan data untuk memahami perilaku pelanggan, mengidentifikasi tren pasar, mengelola rantai pasokan, dan mengambil keputusan strategis lainnya.
2. Format angka dalam bentuk mata uang atau currency dan accounting serupa, namun ada perbedaan penting dalam cara mereka memformat angka.
Format angka dalam bentuk mata uang atau currency umumnya digunakan untuk menunjukkan nilai uang dalam suatu mata uang tertentu, misalnya dollar AS, euro, atau yen Jepang. Format ini biasanya menampilkan simbol mata uang, seperti $ atau €, diikuti dengan angka dan pecahan desimal, jika ada. Contoh format ini adalah $1.000,00.
Sementara itu, format angka dalam bentuk accounting umumnya digunakan untuk tujuan akuntansi dan keuangan. Format ini biasanya menampilkan angka tanpa simbol mata uang, dengan pemisah ribuan dan desimal yang ditentukan sesuai dengan standar yang berlaku di suatu negara. Contoh format ini adalah 1,000.00.
Perbedaan utama antara format currency dan accounting adalah penggunaan simbol mata uang. Format currency menunjukkan nilai dalam mata uang tertentu, sementara format accounting tidak menunjukkan simbol mata uang dan digunakan terutama dalam laporan keuangan dan tujuan akuntansi. Selain itu, dalam format accounting, jumlah uang dalam bentuk pecahan sering kali ditunjukkan dengan fraksi, seperti 1/2 atau 3/4, sementara dalam format currency biasanya ditunjukkan dengan desimal.
3. Berikut adalah langkah-langkah singkat untuk mengurutkan data pada MS Excel dari nilai terbesar ke nilai terkecil:
- Pilih sel-sel yang ingin Anda urutkan, termasuk baris judul atau header jika ada.
- Klik tab "Data" di menu utama Excel, lalu klik tombol "Sort A to Z" atau "Sort Z to A" untuk mengurutkan data dari nilai terkecil ke nilai terbesar atau sebaliknya.
- Jika Excel mengeluarkan pesan peringatan, pilih "Expand the selection" untuk mengurutkan seluruh data pada kolom yang dipilih, atau "Continue with the current selection" jika Anda hanya ingin mengurutkan data pada sel yang dipilih.
- Pilih kolom yang ingin Anda urutkan dan pilih apakah Anda ingin mengurutkan data dari nilai terbesar atau terkecil. Klik "OK" untuk menyelesaikan pengaturan pengurutan.
- Data pada kolom yang dipilih akan diurutkan sesuai dengan nilai terbesar atau terkecil.
4. Stage canvas pada aplikasi Scratch adalah area tempat pengguna dapat membuat dan mengatur tampilan visual dari proyek yang dibuat. Stage canvas terletak di bagian tengah bawah layar aplikasi Scratch dan terlihat seperti kotak putih besar.
Pengguna dapat menambahkan berbagai sprite atau karakter, latar belakang, dan efek visual ke dalam stage canvas untuk membuat proyek yang lebih menarik dan interaktif. Sprite atau karakter dapat dipindahkan, diputar, dan dianimasikan di dalam stage canvas.
Selain itu, pengguna juga dapat mengatur sifat atau properti dari objek yang ditempatkan di dalam stage canvas, seperti ukuran, warna, dan transparansi. Pengguna dapat menggunakan kode blok Scratch untuk membuat objek bergerak, berubah ukuran, berinteraksi dengan objek lain di dalam stage canvas, dan sebagainya.
Stage canvas pada aplikasi Scratch sangat penting karena merupakan area tempat proyek yang dibuat akan ditampilkan dan dilihat oleh pengguna lain ketika proyek tersebut dijalankan atau dibagikan secara online.
5. a. Blok Motion pada Scratch digunakan untuk mengontrol gerakan sprite atau karakter pada stage. Blok ini memungkinkan pengguna untuk mengubah posisi, arah, dan kecepatan gerakan sprite. Beberapa contoh blok Motion yang sering digunakan adalah "move", "turn", "go to", dan "glide".
b. Blok Control pada Scratch digunakan untuk mengontrol alur dari program atau skrip yang dibuat. Blok ini memungkinkan pengguna untuk mengulang aksi tertentu, memilih kondisi yang harus dipenuhi sebelum menjalankan suatu tindakan, serta menambahkan "if" dan "else" statement untuk membuat percabangan program. Beberapa contoh blok Control yang sering digunakan adalah "repeat", "if-then", "wait until", dan "forever".
c. Blok Looks pada Scratch digunakan untuk mengatur tampilan sprite atau karakter pada stage. Blok ini memungkinkan pengguna untuk mengubah warna, ukuran, dan efek visual pada sprite. Beberapa contoh blok Looks yang sering digunakan adalah "change size", "switch costume", "next costume", dan "say".
ANSEWER BY : @DaudF
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh DaudF dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Sat, 10 Jun 23