Berikan contoh nada-nada yang berjarak empat nada!plisssss jawabbbb dong,bsk dikumpul​

Berikut ini adalah pertanyaan dari azuraandini54 pada mata pelajaran Seni untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh nada-nada yang berjarak empat nada!plisssss jawabbbb dong,bsk dikumpul​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Silahkan simak bagian pembahasan, dan sesuaikan dengan apa yang diajarkan di sekolah.

Jawaban:

Sudut Pandang Pertama: “nada” = “laras” = “tone”

Contoh pasangan nada yang berjarak empat nada adalah:

  • Do ke Sol# (atau Sel)
  • Do# (atau Di) ke La
  • Re ke La# (atau Li)
  • Re# (atau Ri) ke Si
  • Mi ke Do’ (Do tinggi)
  • Fa ke Do#’ (atau Di tinggi)
  • Fa# (atau Fi) ke Re’ (Re tinggi)
  • Sol ke Re#’ (atau Ri tinggi)
  • Sol# (atau Sel) ke Mi’ (Mi tinggi)
  • La ke Fa’ (Fa tinggi)
  • La# (atau Li) ke Fa#’ (atau Fi tinggi)
  • Si ke Sol’ (Sol tinggi)
  • Do’ ke Sol#’ (atau Sel tinggi)
  • Dan seterusnya (akan kembali ke pola awal, dengan penambahan tanda oktaf)

Sudut Pandang Kedua: “nada” = “semitone”

Contoh pasangan nada yang berjarak empat nada adalah:

  • Do ke Mi
  • Do# (atau Di) ke Fa
  • Re ke Fa# (atau Fi)
  • Re# (atau Ri) ke Sol
  • Mi ke Sol# (atau Sel)
  • Fa ke La
  • Fa# ke La# (atau Li)
  • Sol ke Si
  • Sol# (atau Sel) ke Do’ (Do tinggi)
  • La ke Do#’ (atau Di tinggi)
  • La# (atau Li) ke Re’ (Re tinggi)
  • Si ke Re#’ (atau Ri tinggi)
  • Do’ (Do tinggi) ke Mi’ (Mi tinggi)
  • Dan seterusnya (akan kembali ke pola awal, dengan penambahan tanda oktaf)

Pembahasan

Jika kita menggunakan sistem solmisasi, nada-nada pada tangga nada diatonis mayor adalah Do-Re-Mi-Fa-Sol-La-Si-Do’, dengan jarak antar nada (interval) 1-1-½-1-1-1-½.

Satuan jarak nada yang digunakan adalah “tone”, atau sering disebut juga dengan “laras” dalam bahasa Indonesia. Beberapa literatur menyebut “laras” sebagai “nada”.

Namun, saya juga menemukan beberapa literatur yang menyebut “semitone” (½ tone atau ½ laras) sebagai “nada”.

Sebagai contoh:

  • Jarak dari Do ke Readalah1 larasatau1 tone. Jika “nada” diartikan sebagai “laras”, maka jarak ini sama dengan 1 nada.
  • Sedangkan 1 laras atau 1 tone tersebut sama dengan 2 semitone. Jika “nada” diartikan sebagai “semitone”, maka jarak dari Do ke Re adalah 2 nada.

Cara penyebutan satuan jarak “nada” yang terakhir tersebut biasanya digunakan pada pembelajaran pianika atau alat musik dasar lainnya. Do ke Do# sering disebut berjarak 1 nada. Jadi, Do ke Re berjarak 2 nada. Tentu hal ini berbeda dengan cara penyebutan pertama.

Dengan memperhatikan perbedaan cara/pandangan tersebut, terdapat 2 alternatif jawaban.
Silahkan sesuaikan dengan apa yang diajarkan di sekolah.

Sudut Pandang Pertama: “nada” = “laras” = “tone”

Jika kita mulai dari nada Do, jarak 4 nada setelahnya, sesuai sudut pandang ini, dapat ditelusuri sebagai berikut.

  • Do ke Re = 1 nada
  • Re ke Mi = 1 nada
  • Mi ke Fa = ½ nada
  • Fa ke Sol = 1 nada

Jumlah jarak tersebut = 3½ nada. Agar menjadi 4 nada, dibutuhkan jarak tambahan sebesar ½ nada. ½ nada lebih tinggi dari Sol adalah Sol# (atau Sel).

Maka, yang pertama kita peroleh adalah Do ke Sol# (atau Sel).

Setelah itu, kita dapat mendaftarkan kemungkinan pasangan nada yang berjarak 4 nada dengan penelusuran naik ½ nada untuk nada pertama dan nada kedua.

  • Do ke Sol# (atau Sel)
  • Do# (atau Di) ke La
  • Re ke La# (atau Li)
  • Re# (atau Ri) ke Si
  • Mi ke Do’ (Do tinggi)
  • Fa ke Do#’ (atau Di tinggi)
  • Fa# (atau Fi) ke Re’ (Re tinggi)
  • Sol ke Re#’ (atau Ri tinggi)
  • Sol# (atau Sel) ke Mi’ (Mi tinggi)
  • La ke Fa’ (Fa tinggi)
  • La# (atau Li) ke Fa#’ (atau Fi tinggi)
  • Si ke Sol’ (Sol tinggi)
  • Do’ ke Sol#’ (atau Sel tinggi)
  • Dan seterusnya (akan kembali ke pola awal, dengan penambahan tanda oktaf)

Sudut Pandang Kedua: “nada” = “semitone”

Jika kita mulai dari nada Do, jarak 4 nada setelahnya, sesuai sudut pandang ini, dapat ditelusuri sebagai berikut.

  • Do ke Do# = 1 nada
  • Do# ke Re = 1 nada
  • Re# ke Mi = 1 nada
  • Mi ke Fa = 1 nada

Jumlah jarak tersebut = 4 nada.

Maka, yang pertama kita peroleh adalah Do ke Mi.

Setelah itu, kita dapat telusuri seperti cara penelusuran di atas.

  • Do ke Mi
  • Do# (atau Di) ke Fa
  • Re ke Fa# (atau Fi)
  • Re# (atau Ri) ke Sol
  • Mi ke Sol# (atau Sel)
  • Fa ke La
  • Fa# ke La# (atau Li)
  • Sol ke Si
  • Sol# (atau Sel) ke Do’ (Do tinggi)
  • La ke Do#’ (atau Di tinggi)
  • La# (atau Li) ke Re’ (Re tinggi)
  • Si ke Re#’ (atau Ri tinggi)
  • Do’ (Do tinggi) ke Mi’ (Mi tinggi)
  • Dan seterusnya (akan kembali ke pola awal, dengan penambahan tanda oktaf)

Catatan akhir:
Karena terdapat perbedaan pandangan tersebut, terlepas dari apa yang diajarkan di sekolah dan literatur resmi yang digunakan dalam pembelajaran Seni Musik, untuk menyatakan satuan jarak nada, saya secara pribadi lebih memilih penggunaan istilah dalam bahasa Inggris (“tone” dan “semitone”), atau menggunakan istilah “laras”, bukan “nada”.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh henriyulianto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 02 Dec 22