Tentukan nada-nada yang bertanda kres (#) atau mol (b) pada

Berikut ini adalah pertanyaan dari justpeople51 pada mata pelajaran Seni untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tentukan nada-nada yang bertanda kres (#) atau mol (b) pada tangga nada berikut!a. F Mayor
b. C# Mayor

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban dan Penjelasan:

Soal a

Nada yang bertanda mol pada tangga nada F Mayor (1b) adalah:

Bb (Bes)

(hanya ada 1 nada mol)

Soal b

Pada tangga nada C# Mayor, semua nada bertanda kres, karena tangga nada C# Mayor adalah tangga nada 7 kres (7#)

Jadi nada yang bertanda kres adalah:

C#, D#, E#, F#, G#, A#, dan B#

-------------------------------------------

CATATAN PANJANG:

Pasti ada yang menyalahkan jawaban soal b, karena di dalam buku literatur resmi seni musik untuk SMA pun kurang tepat.

Dalam buku itu, untuk tangga nada C# Mayor, susunan nadanya adalah:

C#, D#, F, F#, G#, A#, dan C

Perhatikan perbedaannya: E# vs F, dan B# vs C.

Memang nada E kalau dinaikkan setengah menjadi F, dan nada B kalau dinaikkan setengah menjadi C. Namun, dalam teori musik, untuk tangga nada C# Mayor ini, nada ke-3 adalah E# dan nada ke-7 adalah B#.

Silahkan dicoba dengan menulisnya dalam notasi balok. Jika Anda menggunakan F dan C untuk E# dan B#, tangga nadanya kurang sempurna. Hal ini karena dari nada ke-3 ke nada ke-4, dan nada ke-7 ke nada pertama oktaf selanjutnya, dalam notasi balok POSISINYA SAMA, hanya berbeda tanda aksidental.

Dari C# ke D# naik 1. Dari D# ke E# naik 1 juga. Tapi kalau menggunakan F, dari D# ke F naik 2 posisi. TIDAK KONSISTEN.

Ibaratnya anak tangga, seharusnya naik 1 anak tangga, namun ini naik 2 anak tangga.

Lalu, dari E# ke F# naik 1 posisi. Kalau menggunakan F, dari F ke F# posisinya sama dalam not balok, jadi naik 0 posisi.

Jadi, E# tetap harus ditulis E#, bukan F, dan B# tetap ditulis B#, bukan C. Dalam praktiknya dengan alat musik, nada E# sama dengan F, dan nada B# sama dengan C.

Dengan analisis interval nada, inkonsistensi ini bisa pula ditunjukkan.

Interval antar nada pada tangga nada, baik itu diatonis mayor maupun diatonis minor, haruslah SEKONDE/SECOND, baik itu sekonde besar maupun sekonde kecil.

Dari C# ke D#, intervalnya adalah sekonde besar.

Dari D# ke E#, intervalnya adalah sekonde besar.

Dari E# ke F#, intervalnya adalah sekonde kecil.

Jika E# diganti dengan F, yang sepadan dalam hal pitch, maka interval D# ke F BUKAN sekonde, melainkan terts. Abjad D ke F melalui 1 huruf, yaitu E. Atau, F dikurangi D = 2, bukan 1. Maka intervalnya adalah terts, yaitu terts kecil (terts minor) yang dikurangi setengah nada → terts kurang (terts diminished).

Hal ini juga menerangkan mengapa nada ke-7 harus B#, bukan C. Dari nada ke-6, yaitu A#, ke nada ke-7, yaitu B#, intervalnya adalah sekonde besar. Jika B# diganti C, yang sepadan dalam hal pitch, maka dari A# ke C intervalnya adalah terts kurang (terts diminished).

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh henriyulianto dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 15 Mar 22