1. Jelaskan perbedaan antara habitat, ekosistem dan bioma? 2. Apa

Berikut ini adalah pertanyaan dari yusufardiansyah270 pada mata pelajaran Biologi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan perbedaan antara habitat, ekosistem dan bioma?2. Apa perbedaan karakteristik fauna di Indonesia bagian barat dengan Indonesia bagian timur?

3.Seorang ilmuwan sedang menentukan jumlah rantai makanan yang ada di beberapa area berbeda. Di area A, dia menemukan 10 rantai makanan yang berbeda. Di area B, dia menemukan 50 rantai makanan berbeda. Di area manakah yang kalian harapkan untuk menemukan keanekaragaman hayati terbesar? Berikan argumentasi dari jawaban kalian.

4. Buatlah peta konsep tentang materi pelajaran ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia yang telah kalian pelajari.​

1. Perbedaan antara habitat, ekosistem, dan bioma adalah sebagai berikut:

Habitat adalah lingkungan di mana suatu spesies hidup, termasuk tempat tinggal, makanan, air, dan sumber daya lainnya yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Ekosistem adalah suatu sistem yang terdiri dari organisme hidup dan lingkungan fisik tempat mereka tinggal. Ekosistem terdiri dari komponen biotik (organisme hidup) dan abiotik (lingkungan fisik seperti air, tanah, dan iklim).

Bioma adalah kumpulan ekosistem yang serupa di seluruh dunia, terbentuk oleh kondisi iklim yang serupa dan mempertahankan tumbuhan dan hewan yang sama.

2. Fauna di Indonesia bagian barat dan timur memiliki perbedaan dalam hal spesies, jenis, dan karakteristik. Indonesia bagian barat memiliki spesies hewan yang lebih banyak dari Indonesia bagian timur, karena letaknya yang lebih dekat dengan benua Asia dan terhubung dengan daratan Asia. Di sisi lain, fauna di Indonesia bagian timur lebih bervariasi dan lebih unik, karena letaknya yang terisolasi dan terpisah dari benua Asia oleh laut, sehingga mendorong terbentuknya spesies yang berbeda dan endemik.

3. Dari kedua area yang disebutkan, area yang memiliki keanekaragaman hayati terbesar diharapkan berada di area B, yang memiliki 50 rantai makanan berbeda. Semakin banyak jumlah rantai makanan di suatu daerah, semakin besar keanekaragaman hayati yang ada di daerah tersebut, karena semakin banyak spesies yang terlibat dalam rantai makanan dan semakin kompleks hubungan antar spesies. Oleh karena itu, area B dengan 50 rantai makanan diperkirakan memiliki keanekaragaman hayati yang lebih besar daripada area A yang hanya memiliki 10 rantai makanan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Mr2112 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Sat, 24 Jun 23