Topik: membuat proposal penelitianjudullatar belakangrumusan masalahhipotesis​

Berikut ini adalah pertanyaan dari nurauliasafira009 pada mata pelajaran Sosiologi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Topik: membuat proposal penelitian

judul
latar belakang
rumusan masalah
hipotesis​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Contoh Proposal Penelitian

Judul Proposal Penelitian: “Pengaruh Aktivitas dengan Bermain Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 6 JAMBI”

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Keberadaan game online yang saat ini semakin merajalela membuat motivasi belajar setiap siswa berkurang karena terlalu asyik bermain game online. Akibatnya, game online menjadi hal yang candu dan fatal bagi siswa sehingga berisiko membentuk karakter anak yang kurang sadar tentang pentingnya pendidikan. Permasalahan ini kemudian akan menghambat pencapaian tujuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dari sikap belajar yang harus dipatuhi dan dipenuhi dalam proses belajar mengajar.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah yang terdapat pada proposal penelitian ini yakni:

  • Adakah pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK N 6 JAMBI?

Batasan Masalah

Penulis membuat batasan masalah pada proposal penelitian ini, di antaranya:

  • Tingginya intensitas waktu bermain game online yang dilakukan siswa kelas X A-E SMK N 6 Jambi
  • Rendahnya tingkat motivasi belajar siswa kelas X A-E SMK N 6 Jambi

Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah yang telah disusun, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh aktivitas bermain game online terhadap motivasi belajar siswa kelas X SMK N 6 Jambi.

Manfaat Penelitian

Penelitian ini memiliki manfaat yang diperoleh, di antaranya

Manfaat Teoritik:

  • Untuk menambah referensi terhadap kajian terkait hubungan pengaruh perkembangan teknologi terutama game online pada minat belajar siswa.
  • Sebagai bahan acuan referensi pada penelitian sejenis di masa mendatang.

Manfaat Praktis:

Penelitian ini juga bermanfaat untuk pemahaman orang tua murid tentang pengaruh perkembangan teknologi terutama game online pada minat belajar siswa.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang dapat menimbulkan kegiatan belajar. Hal ini dapat menjamin kelangsungan dan memberi arah pada kegiatan motivasi belajar siswa dengan tujuan agar tujuan pendidikan negara dapat tercapai.

Menurut Koswara (2002), siswa belajar karena didorong kekuatan mental. Kekuatan tersebut berupa keinginan, perhatian, dan cita-cita di dalam diri seseorang.

BAB III

METODE PENELITIAN

Jenis Penelitian

Jenis penelitian yang digunakan pada proposal ini adalah penelitian deskriptif. Cara penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif sehingga didapatkan data yang hasilnya berupa rangkaian kata dan kalimat.

Instrumen Penelitian

Penelitian yang berdesain deskriptif ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif. Maka instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, wawancara, dan disertai dengan dokumentasi.

Teknik Pengolahan Data

Peneliti akan mengambil sampel menggunakan teknik snowball sampling dan mengumpulkan data dari siswa tersebut kemudian mengolah datanya dengan menghubungkan hasil sampel dengan objek yang dikehendaki. Teknik dilakukan melalui tiga tahap kegiatan yakni, sampel, reduksi, dan penarikan kesimpulan dari data.

Teknik Analisis Data

Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara interaktif.

DAFTAR PUSTAKA

Dimyati dan Mudjiiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran: Rineka Cipta. Jakarta.

Hanafi, Muhammad. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA N 2 Magelang. Semarang: Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Semarang.

SEMOGA MEMBANTU

MAAF KALAU SALAH

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sindii091256 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 06 Jun 23