1. Bagaimana pengertian ekonomi kreatif menurut buku RPJM 2015-20197?2.Jelaskan alasan-alasan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Christopheevans5297 pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Bagaimana pengertian ekonomi kreatif menurut buku RPJM 2015-20197?2.Jelaskan alasan-alasan pengembangan ekonomi kreatif?
3.Apa saja langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif?
4.Sebutkan bidang-bidang yang mencakup ekonomi kreatif?
5. Sebutkan pusat-pusat kerajinan yang menjadi unggulan daerah!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Kreatif menurut buku RP JM 2015-3019 adalah penciptaan nilai tambah yang berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia (SDM) atau orang kreatif dan berbasis ilmu pengetahuan termasuk warisan budaya dan teknologi

2. 1. Mampu menyerap banyak tenaga kerja

Karena sektor industri ini cukup beragam dan luas, angka penyerapan tenaga kerjanya tentu saja cenderung lebih banyak dari industri lain. Apalagi jika SDM di Indonesia dibekali dengan kemampuan khusus. Permintaan tenaga kerja berbakat pasti selalu tinggi dalam industri ini.

2. Dapat menciptakan identitas bangsa

Seperti halnya K-Pop di Korea Selatan atau Hollywood di Amerika, keberadaan industri kreatif di negara kita juga dapat membuat Indonesia memiliki identitas unik yang tidak dimiliki bangsa lain. Contohnya, saat ini Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kain batik yang berhasil diekspor ke berbagai negara di dunia.

3. Dapat merangsang kreativitas dan inovasi

Kreativitas dan inovasi merupakan dua hal yang selalu dilakukan para pelaku creative economy untuk mengembangkan industri ini. Karena terbiasa, secara natural setiap kebijakan yang dilakukan pasti merangsang jiwa kreatif dan inovatif di dalam diri pelaku ekonomi kreatif.

3. dengan mempromosikan produk2 kreatif anak negeri ke negara luar agar orang diluar sana tau bahwa produk kreatif Indonesia memiliki kualitas yang sangat terjamin

4. 1. Periklanan (advertising)

2. Arsitektur

3. Pasar Barang Seni

4. Kerajinan (craft)

5. Desain

6. Fesyen (fashion)

7. Video, Film dan Fotografi

8. Permainan Interaktif (game)

9. Musik:

10. Seni Pertunjukan (showbiz)

11. Penerbitan dan Percetakan

12. Layanan Komputer dan Piranti Lunak (software)

13. Televisi & Radio (broadcasting)

14. Riset dan Pengembangan (R&D)

15. Kuliner

Penjelasan:

maafkalausalah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aulyadevita90 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 30 May 21