Jelaskan yang dimaksud ilmu sains bersifat bermakna

Berikut ini adalah pertanyaan dari dinawowordina1158 pada mata pelajaran Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan yang dimaksud ilmu sains bersifat bermakna

Ilmu sains atau ilmu alam merupakan suatu ilmu yang mempelajari benda yang ada di alam dan memiliki hukum alam. Ilmu sains yang bersifat bermakna artinya ilmu sains harus diutamakan untuk kemaslahatan masyarakat.

Pembahasan:

Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Fisika, disingkat IPA (Bahasa Inggris: Natural Sciences), adalah istilah yang digunakan untuk menyebut rumpun ilmu yang bendanya adalah benda alam dan yang memiliki hukum yang jelas dan umum yang berlaku di mana-mana dan setiap saat. 1] Ilmuwan adalah orang-orang yang berurusan dengan ilmu-ilmu alam.

Sains berasal dari bahasa latin scientia, yang secara harfiah berarti pengetahuan. Sun dan Trowbribge mengatakan bahwa sains adalah kumpulan pengetahuan dan proses.  Kuslan Stone, di sisi lain, menjelaskan bahwa sains adalah tubuh pengetahuan dan bagaimana pengetahuan itu diperoleh dan digunakan. Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat dipisahkan. “Ilmu pengetahuan sejati adalah produk dan proses, yang berjalan beriringan” (Agus. hlm. 2003:11)

Sains sebagai proses memungkinkan para ilmuwan untuk mengeksplorasi untuk menemukan penjelasan tentang fenomena alam.Langkah-langkah yang harus diambil untuk menerapkan. Langkah-langkah tersebut adalah perumusan masalah, perumusan hipotesis, desain eksperimen, pengumpulan data, analisis, dan kesimpulan akhir. Oleh karena itu, ciri dasar ilmu pengetahuan adalah kuantifikasi, yang berarti bahwa fenomena alam dapat berbentuk besaran.

Sains mempelajari aspek fisik dan non-manusia dari Bumi dan  sekitarnya. Ilmu-ilmu alam merupakan dasar dari ilmu-ilmu terapan, yang keduanya berbeda dari ilmu-ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.

Matematika tidak dianggap sebagai ilmu, tetapi digunakan sebagai penyedia alat dan kerangka kerja yang digunakan dalam sains. Istilah ilmu pengetahuan alam juga digunakan untuk mengartikan "sains" sebagai suatu disiplin ilmu yang mengikuti metode ilmiah, sebagai lawan dari filsafat alam. Di sekolah, IPA biasanya dipelajari dalam mata pelajaran IPA (biasanya disingkat IPA).

Karena ilmu alam biasa disebut ilmu eksakta, tingkat kepastian ilmu alam relatif tinggi bila mempertimbangkan tujuan spesifiknya [1].

Selain penggunaan tradisional yang dijelaskan di atas, istilah "sains" kadang-kadang digunakan saat ini untuk mendekati makna yang lebih tepat dalam istilah sehari-hari. Dari perspektif ini, "sains" dapat memiliki arti alternatif untuk biologi, melibatkan proses biologis, dan berbeda dari sains (yang berkaitan dengan hukum fisika dan kimia yang mendasari alam semesta).

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Pancasila yomemimo.com/tugas/42760860

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Wed, 16 Nov 22