Buatlah sebuah algoritma yang digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan

Berikut ini adalah pertanyaan dari shintiakusuma5 pada mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Buatlah sebuah algoritma yang digunakan untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan matematika. Buatkan juga diagram alirnya, baik yang menggunakan data konstan maupun data diinput oleh penggunakak tolong jawab mksi​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Setelah sekilas membahas membahas algoritma dan teorinya, maka kita bisa mengamati apa yang terjadi seperti dalam penyelesaian masalah, memberi kita cara untuk memprediksi kinerja algoritma namun ternyata tidak akan membantu sebelumnya tidak memahami apa yang dilakukan algoritma. Langkah selanjutnya, kita akan melihat model matematika, dimana proses penerjemahan masalah dibawa ke dalam matematika, sehingga akan mengetahui cara untuk mendapatkan konsep yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam proses penyelesaian masalah.

Konsep ini sebenarnya diperkenalkan dan dikembangkan oleh Donald Knuth, saat sistem komputer benar-benar menjadi rumit untuk pertama kali, sewaktu-waktu menimbulkan keraguan terhadap proses penyelesaian masalah, namun lewat konsep Model matematika Algoritma, proses dapat dipastikan setiap langkahnya.

Dengan konsep ini, kita akan tahu bahwa pada prinsipnya, kita bisa mendapatkan model matematika yang akurat untuk kinerja algoritma atau program dalam operasi. Sebuah algoritma yang dituliskan menjadi fungsi matematika sehingga menjadi sebuah model. Kemudian inilah yang digunakan dalam menggambarkan masalah yang ditemui di dunia nyata, dan ingin diselesaikan, maka dengan model masalah yang telah kita buat, dapat lebih mudah memahami masalah yang akan diselesaikan, yang akan menyebabkan solusi yang ditawarkan menjadi lebih baik.

Dengan model matematika, kita dapat menghitung total waktu berjalan program dengan mengidentifikasi semua operasi dasar, membayangkan biaya, eksekusi frekuensi dan jumlah biaya tiap frekuensi semua operasi. Maka Anda dapat menganalisis program untuk menentukan rangkaian operasi dan biaya tergantung pada mesin dan komputer dalam sistem, dan frekuensi yang akan mengantarkan kita ke matematika karena tergantung pada algoritma dan data input.

Kita bisa membuat model dengan langkah awal, apakah masalah yang mau diselesaikan bisa menggunakan solusi matematika. Setelah memastikan masalah bisa dijelaskan lewat model matematika. Kemudian cari fakta-fakta relevan yang diperoleh dari keseluruhan informasi yang didapatkan. Kemudian masukkan metode yang biasa kita gunakan, misalnya, untuk menghitung jumlah nilai kita dapat menambahkan seluruh bilangan yang ada pada kumpulan nilai tersebut.

Matematika dalam algoritma yang baik bisa dilakukan seperti langkah-langkah berikut :

Memasukan (Input) Inputnya bisa 0 (nol) atau lebihKeluaran (Output) Hasil Output Minimal 1.Terbatas (Terbatas) Setelah melakukan proses langkah-langkah, Algoritma akanPasti (Definite) Prosesnya jelas kapan akan dimulai dan kapan akan berhenti, dan setiap langkah memiliki proses yang jelas sehingga tujuan dari yahoo juga jelasEfisien Pembuatan algoritma harus efisien, tidak membuang waktu proses seperti mencari hasil 1 + 0 karena dianggap tidak efisien, karena bilangan apapun yang ditambah dengan 0 hasilnya tetaplah bilangan itu sendiri.

Sebagai contoh simple, anda akan membuat algoritma luas segitiga, maka ketahuilah panjang alas dan tinggi segitiga.

Sekarang kita lihat langkah algoritmanya:

Soal : Luas segitigaMasukan : Panjang alas dan tinggi segitigaKeluaran : Luas segitiga

Buat seperti yahoo ini:

Masukkan panjang alas ( a ) dan tinggi segitiga ( t )Hitung Luas segitiga DENGAN rumus: 1 / 2 x sayangnya x TinggiCetak hasil

Perhatikan Model di bawah ini:

//Menghitung Luas segitiga dengan panjang alas dan tinggi segitiga diketahui //

Baca ( a , t )Luas = (axt) / 2Cetak ( Luas )

Nah dari langkah-langkah diatas, akan memudahkan membuat suatu algoritma yang jika secara manual langkah-langkah dan prosesnya sangat panjang, karena kadang-kadang harus menitikberatkan pada rumus dan urutan-urutan langkah penggunaan, namun kemudian bisa mempersingkat langkah-langkah tersebut dengan suatu model matematika , sehingga output yang dihasilkan sama.

Setelah sekilas membahas membahas algoritma dan teorinya, maka kita bisa mengamati apa yang terjadi seperti dalam penyelesaian masalah, memberi kita cara untuk memprediksi kinerja algoritma namun ternyata tidak akan membantu sebelumnya tidak memahami apa yang dilakukan algoritma. Langkah selanjutnya, kita akan melihat model matematika, dimana proses penerjemahan masalah dibawa ke dalam matematika, sehingga akan mengetahui cara untuk mendapatkan konsep yang lebih baik tentang apa yang sebenarnya terjadi dalam proses penyelesaian masalah.Konsep ini sebenarnya diperkenalkan dan dikembangkan oleh Donald Knuth, saat sistem komputer benar-benar menjadi rumit untuk pertama kali, sewaktu-waktu menimbulkan keraguan terhadap proses penyelesaian masalah, namun lewat konsep Model matematika Algoritma, proses dapat dipastikan setiap langkahnya.Dengan konsep ini, kita akan tahu bahwa pada prinsipnya, kita bisa mendapatkan model matematika yang akurat untuk kinerja algoritma atau program dalam operasi. Sebuah algoritma yang dituliskan menjadi fungsi matematika sehingga menjadi sebuah model. Kemudian inilah yang digunakan dalam menggambarkan masalah yang ditemui di dunia nyata, dan ingin diselesaikan, maka dengan model masalah yang telah kita buat, dapat lebih mudah memahami masalah yang akan diselesaikan, yang akan menyebabkan solusi yang ditawarkan menjadi lebih baik.Dengan model matematika, kita dapat menghitung total waktu berjalan program dengan mengidentifikasi semua operasi dasar, membayangkan biaya, eksekusi frekuensi dan jumlah biaya tiap frekuensi semua operasi. Maka Anda dapat menganalisis program untuk menentukan rangkaian operasi dan biaya tergantung pada mesin dan komputer dalam sistem, dan frekuensi yang akan mengantarkan kita ke matematika karena tergantung pada algoritma dan data input.Kita bisa membuat model dengan langkah awal, apakah masalah yang mau diselesaikan bisa menggunakan solusi matematika. Setelah memastikan masalah bisa dijelaskan lewat model matematika. Kemudian cari fakta-fakta relevan yang diperoleh dari keseluruhan informasi yang didapatkan. Kemudian masukkan metode yang biasa kita gunakan, misalnya, untuk menghitung jumlah nilai kita dapat menambahkan seluruh bilangan yang ada pada kumpulan nilai tersebut.Matematika dalam algoritma yang baik bisa dilakukan seperti langkah-langkah berikut :Memasukan (Input) Inputnya bisa 0 (nol) atau lebihKeluaran (Output) Hasil Output Minimal 1.Terbatas (Terbatas) Setelah melakukan proses langkah-langkah, Algoritma akanPasti (Definite) Prosesnya jelas kapan akan dimulai dan kapan akan berhenti, dan setiap langkah memiliki proses yang jelas sehingga tujuan dari yahoo juga jelasEfisien Pembuatan algoritma harus efisien, tidak membuang waktu proses seperti mencari hasil 1 + 0 karena dianggap tidak efisien, karena bilangan apapun yang ditambah dengan 0 hasilnya tetaplah bilangan itu sendiri.Sebagai contoh simple, anda akan membuat algoritma luas segitiga, maka ketahuilah panjang alas dan tinggi segitiga.Sekarang kita lihat langkah algoritmanya:Soal : Luas segitigaMasukan : Panjang alas dan tinggi segitigaKeluaran : Luas segitigaBuat seperti yahoo ini:Masukkan panjang alas ( a ) dan tinggi segitiga ( t )Hitung Luas segitiga DENGAN rumus: 1 / 2 x sayangnya x TinggiCetak hasilPerhatikan Model di bawah ini://Menghitung Luas segitiga dengan panjang alas dan tinggi segitiga diketahui //Baca ( a , t )Luas = (axt) / 2Cetak ( Luas )Nah dari langkah-langkah diatas, akan memudahkan membuat suatu algoritma yang jika secara manual langkah-langkah dan prosesnya sangat panjang, karena kadang-kadang harus menitikberatkan pada rumus dan urutan-urutan langkah penggunaan, namun kemudian bisa mempersingkat langkah-langkah tersebut dengan suatu model matematika , sehingga output yang dihasilkan sama.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh hayato14 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 17 Jan 22