manusia purba yang diyakini menyerupai ciri ciri nenek moyang asli

Berikut ini adalah pertanyaan dari ozansaputra248 pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Manusia purba yang diyakini menyerupai ciri ciri nenek moyang asli Australia​

Jawaban: Manusia purba yang diyakini menyerupai ciri-ciri nenek moyang bangsa asli australia adalah.....

A. Homo soloensis

Pembahasan:

Fosil Manusia Solo (Homo erectus soloensis) adalah salah satu jenis manusia purba yang dahulu pernah hidup di Indonesia. Fosil ini awalnya diklasifikasikan sebagai "Homo soloensis" namun sekarang dianggap sebagai subspesies dari Homo erectus, sebagaimana fosil Pithecanthropus erectus dari Trinil.

Fosil ini ditemukan antara tahun 1931 dan 1933 oleh arkeolog dari Jerman, Gustav von Koenigswald. Spesimen ini ditemukan dari situs-situs di sepanjang Sungai Bengawan Solo.

Fosil ini juga biasa disebut fosil Ngandong berdasarkan nama desa di kabupaten Blora, Jawa Tengah. Fosil ini adalah fosil manusia purba di Jawa yang relatif muda, diperkirakan hidup antara 550 ribu dan 143 ribu tahun yang lalu.

Awalnya fosil ini dianggap sebagai nenek moyang penduduk asli Australia, atau suku Aborigin. Namun penelitian di tahun 1990an menolak pandangan ini, dan menunjukkan bahwa fosil Solo ini termasuk fosil Homo erectus yang lebih dahulu muncul daripada manusia modern (Homo sapiens) seperti suku Aborigin, yang baru mencapai Australia sekitar 60 ribu tahun yang lalu.

Fosol ini memiliki volume otak yang lebih besar dari fosil Homo erectus lainnya, dengan volume antara 1150–1300 cm³. Bentuk tulang lengan fosil ini juga lebih langsing. Di lokasi penemuan juga ditemukan bekas alat batu dan sisa hewan yang dimangsa manusia purba ini. Ini menunjukkan bahwa manusia purba ini sudah mengenal peralatan dalam kehidupannya.

Sebagaimana manusia purba lain, fosil ini juga memiliki bentuk tengkorak yang landai di bagian atas. Tulang alisnya tebal dan bentuk mukanya datar, tanpa memiliki dagu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ekellambiombir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Tue, 13 Jul 21