Bantu Dong Yang Jago Animasi Soal Essay1. Apa itu animasi?2.

Berikut ini adalah pertanyaan dari KacangBakars pada mata pelajaran TI untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bantu Dong Yang Jago AnimasiSoal Essay
1. Apa itu animasi?
2. Apa yang di maksud dengan animasi 2D?
3. Apa yang dimaksud dengan animasi 3D?
4. Siapa yang merumuskan 12 prinsip animasi?
5. Mengapa prinsip animasi sangat penting dalam membuat animasi, berikan pandangan kalian?
6. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip animasi?
7. Jelaskan Konsep Dasar Prinsip Animasi?
8. Sebutkan jenis-jenis animasi yang kalian ketahui?9. Aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat animasi?
10. Apa ide dasar yang mendasari kemunculan animasi?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

ri objek atau karakter harus dilakukan, sedangkan spacing adalah menentukan seberapa cepat atau lambat gerakan tersebut.

2. Percepatan dan perlambatan (Ease in & ease out) Prinsip yang satu ini untuk menentukan kecepatan gerak dari objek atau karakter, seperti slow in dan slow out. Slow in merupakan gerakan lambat pada awalnya kemudian menjadi cepat, sedangkan slow out adalah gerakan yang cepat di awal kemudia menjadi lambat. Sebagai contoh, orang mulai berlari memiliki gerakan dari lambat kemudian menjadi cepat.

3. Lengkungan (Arcs)

Gerakan tubuh manusia, hewan, dan makhluk hidup lainnya tentu gak selalu bergerak lurus. Namun, ada juga gerakan lengkungan. Seorang animator harus membuat gerakan lengkungan ini menjadi halus dan realistik sehingga animasi akan terasa nyata.

4. Gerakan penutup sebelum akhirnya diam (Follow through & overlapping action)

Follow through identik dengan bagian tubuh tertentu yang masih tetap bergerak walau objek atau karakter tersebut telah berhenti. Contohnya, helaian rambut yang masih bergerak ketika objek selesai melompat atau rok yang masih berkibar ketika objek selesai berputar. Sementara itu, overlapping action adalah gerakan saling-silang atau serangkaian gerakan yang saling mendahului. Contohnya, kucing yang baru selesai makan, tapi ekornya masih tetap bergoyang.

5. Gerakan pelengkap (Secondary action)

Gerakan ini berfungsi sebagai pendukung dan memperkuat gerakan utama. Contohnya, di dalam kelas, tokoh utama lagi memakan bekalnya, tapi ada orang yang mengobrol, mengerjakan PR, atau mendengarkan musik sebagai latar belakang.

6. Kelenturan objek (Squash & stretch)

Prinsip animasi yang satu ini berfungsi untuk menjadikan objek atau karakter menjadi lebih hidup dan nyata dengan menambahkan efek lentur. Dengan begitu, objek seolah-olah memuai dan menyusut. Contohnya, bola karet yang dilemparkan ke lantai. Bola mulanya akan berbentuk bulat. Namun, ketika membentur lantai bola akan menjadi sedikit gepeng yang kembali menjadi bulat setelah memantul dari lantai.

7. Melebih-lebihkan (Exaggeration)

Prinsip ini berfungsi untuk mendramatisir animasi. Contohnya, dalam animasi jepang (anime), seseorang yang kaget maka matanya akan berubah menjadi lebih besar. Contoh lainnya, ada seseorang yang berlari dengan kereta berada di dekatnya. Gambar tersebut ingin menunjukkan bahwa kecepatan lari objek sama dengan kecepatan laju kereta.

8. Straight ahead & pose to pose

Ini adalah salah satu prinsip dari 12 prinsip animasi. Prinsip ini mengacu pada teknik pembuatan frame by frame atau digambar satu per satu. Sementara itu, pose to pose adalah teknik yang menggunakan keyframe sehingga pengerjaan menjadi lebih cepat. Teknik pose to pose dapat kamu lihat di serial kartun The Powerpuff Girls.

9. Gerakan pendahulu (Anticipation)

Prinsip ini merupakan gerakan awal sebelum berlangsungnya gerakan utama. Gerakan ini ditampilkan agar penonton dapat mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya. Misalnya, ketika seseorang akan mengendarai motor dengan ngebut, biasanya orang tersebut akan memainkan stang/pengatur gas terlebih dahulu.

10. Bidang gambar (Staging) juga salah satu prinsip animasi

Staging adalah membuat lingkungan untuk mendukung mood atau suasana animasi. Umumnya, staging berkaitan dengan posisi kamera dan pengambilan gambar. Misalnya, pengambilan gambar dari bawah dapat membuat karakter terkesan besar dan menakutkan.

11. Penjiwaan karakter (Personality)

Melalui penjiwaan karakter, penonton dapat lebih mudah untuk mendalami dan mengikuti alur cerita. Penjiwaan karakter ini termasuk mulai dari tanggal lahir, hobi, sifat, fisik, dan sebagainya.

12. Daya tarik karakter (Appeal)

Daya tarik yang kuat dari karakter dapat memengaruhi emosi penonton. Misalnya, karakter dengan tampang polos akan membuat penonton merasa iba. Karakter dengan mimik muka ekspresif akan menarik rasa humor sehingga penonton akan lebih mudah tertawa.

7.Konsep utama yang Mendasari Teori Prinsip – prinsip Animasi adalah fenomena kelemahan mata manusia yang disebut : persistance of vision (pola penglihatan yang teratur).

8.jenis animasi:

-Animasi tradisional

-Animasi 2D

-Animasi 3D

-Motion Graphic

-Stop Motion

animasi 2D:

Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry,

animasi 3d:

Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., Finding Nemi,

9.

-Wideo

-GoAnimate

-FlipaClip

-Animation Desk

-Blender

-Animaker

10.animasi didasari pemahaman mengenai prinsip fundamental kerja mata manusia atau dikenal dengan nama The Persistance of Vision. Seperti ditunjukan pada karya seorang Prancis Paul Roget (1828), penemu Thaumatrope. Sebuah alat berbentuk kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisinya. Satu sisi bergambar burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh RIELROSSASIERA dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 18 Feb 23