sebutkan partikel penyusun atom adalah

Berikut ini adalah pertanyaan dari Feli2811 pada mata pelajaran Kimia untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan partikel penyusun atom adalah

Partikel penyusun atom adalah proton, elektron, dan neutron.

Pembahasan :

Atom mengandung 3 partikel yang menyusunnya. Partikel tersebut merupakan proton, elektron, dan neutron.

Proton adalah partikel dalam atom yang memiliki muatan positif yang nilainya +1. Proton ditemukan oleh Eugene G. pada tahun 1886. Proton memiliki berat yang terukur yaitu sebesar 1 sma atau 1 satuan massa atom.

Elektron adalah partikel dalam atom yang memiliki muatan negatif. Adanya elektron ditemukan oleh J. J. Thompson yang mengetahui bahwa muatan elektron adalah senilai -1. J. J. Thompson berhasil menemukan elektron karena didukung oleh penelitian sebelumnya.

Neutron adalah partikel dalam atom yang muatannya netral. Neutron ditemukan oleh Chadwick yang pada saat itu membuktikan bahwa atom memiliki inti yang dibuktikan melalui percobaan medan magnet. Penemuan ini juga didukung oleh teori Rutherford yang mengatakan bahwa atom memiliki inti atom yang bermuatan positif dan massanya dapat dikatakan seimbang karena adanya neutron walaupun atom tersebut dikelilingi oleh elektron.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut terkait materi partikel penyusun atom pada link

yomemimo.com/tugas/1727310

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Wed, 03 Aug 22