Tentukan nilai t tabel dari n dan α berikut; ✓ n

Berikut ini adalah pertanyaan dari mariofigo20030pcbiq8 pada mata pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tentukan nilai t tabel dari n dan α berikut;✓ n = 11 dan α = 0,01 untuk uji sisi kiri
✓ n = 25 dan α = 0,1 untuk uji sisi kanan
✓ n = 15 dan α = 0,05 untuk uji dua sisi

Tabel t merupakan jenis tabel yang mengandung nilai-nilai kritis dari distribusi t-Student. Nilai-nilai ini dipergunakan dalam pengujian hipotesis statistik guna menghitung batas kritis di mana peneliti bisa menolak atau gagal menolak hipotesis nol. Nilai-nilai tersebut bergantung penuh pada derajat kebebasan (n - 1) dan tingkat signifikansi (α).

Untuk menentukan nilai t tabel, kita perlu mengacu pada tabel t-Student yang tak disertakan, oleh sebab itu jawaban ini tak spesifik dan bersifat umum.

Penjelasan dan Langkah-langkah

Seperti yang disampaikan sebelumnya bahwa untuk menentukan nilai t tabel, kita perlu mengacu pada tabel t-Student. Sayangnya, tabel tersebut tidak dilampirkan. Penjelasan berikut hanya akan menunjukkan proses perhitungan masing-masing nilai t yang disebutkan di soal. Langkahnya sebagai berikut:

n = 11 dan α = 0,01 untuk uji sisi kiri:

• Derajat kebebasan (df) = 11 - 1 = 10
  • Pada tabel t, carilah nilai kritis pada df = 10 dan α = 0,01 untuk uji sisi kiri. Nilai yang ditemukan akan memberikan batas kritis untuk menguji hipotesis sisi kiri pada tingkat signifikansi α = 0,01.

n = 25 dan α = 0,1 untuk uji sisi kanan:

• Derajat kebebasan (df) = 25 - 1 = 24
  • Dalam tabel t, cari;ah nilai kritis pada df = 24 dan α = 0,1 guna uji sisi kanan. Nilai yang ditemukan akan memberikan batas kritis untuk menguji hipotesis sisi kanan pada tingkat signifikansi α = 0,1.

n = 15 dan α = 0,05 untuk uji dua sisi:

• Derajat kebebasan (df) = 15 - 1 = 14
  • Dalam tabel t, carilah nilai kritis pada df = 14 dan α/2 = 0,05/2 = 0,025 untuk uji dua sisi. Nilai yang ditemukan akan memberikan batas kritis positif dan negatif untuk menguji hipotesis dua sisi pada tingkat signifikansi α = 0,05.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Sun, 20 Aug 23