Berikut ini adalah pertanyaan dari kevindiska394 pada mata pelajaran Ujian Nasional untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Seorang peneliti melakukan percobaan untuk mengetahui jalur biosintesis salah satu protein spliceosomes dari suatu sel hewan. ia membuat antibodi berlabel radioaktif untuk protein tersebut kemudian mengujinya pada beberapa bagian sel hasil fraksionasi seluler. pada fraksi mana sajakah peneliti tersebut kemungkinan menemukan struktur silver grain?

Spliceosom adalah protein yang ada di dalam sel dan dibuat menggunakan ribosom bebas (bukan ribosom pada retikulum endoplasma kasar) sehingga terdapat di sitosol, kemudian spliceosome  digunakan dalam proses penyambungan mRNA di dalam nukleus sehingga itu dapat ditemukan di nukleus.

→ Jawabannya adalah C.

Pembahasan

Spliceosome adalah mesin molekul besar yang membantu menghilangkan intron dari molekul pra-mRNA yang ditranskripsi dalam nukleus. Ini adalah kompleks RNA/protein kecil yang mencakup lima RNA nuklir (U1, U2, U4, U5, dan U6) dan banyak protein lainnya. Spliceosome mengandung berbagai protein. Konformasi dan komposisi spliceosome terus berubah. Sifat dinamis dari spliceosome sangat penting untuk melakukan penyambungan yang akurat dan fleksibel.

Sel manusia memiliki sekitar 100.000 spliceosom. Ada dua jenis spliceosom dalam sel manusi, yaitu spliceosom besar dan kecil. Spliceosom besar bertanggung jawab untuk menghilangkan potongan besar materi genetik sementara potongan kecil  materi genetik yang tersisa dihilangkan oleh spliceosom kecil.

Spliceosomes merupakan kompleks multimegadalton RNA-protein yang bertanggung jawab untuk menghilangkan segmen noncoding (intron) yang setia dari RNA pra-messenger (pra-mRNAs), sebuah proses yang penting untuk pematangan mRNA eukariotik untuk terjemahan berikutnya oleh ribosom. Baik spliceosome dan ribosom, serta banyak mesin pengolah RNA dan DNA lainnya, mengandung komponen RNA sentral yang memberkahi kompleks biomolekuler dengan pengenalan asam nukleat yang tepat dan spesifik urutan, dan dinamika struktural serbaguna.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh abimayu001 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Last Update: Tue, 30 Aug 22