sebutkan alat hasil IPTEK beserta 2 dampak positif dan 2

Berikut ini adalah pertanyaan dari tyasnova166 pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan alat hasil IPTEK beserta 2 dampak positif dan 2 dampak negatif pada kegiatana. produksi
b. distribusi
c. konsumsi
tolong jawab secepatnya terimakasih ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut adalah beberapa contoh alat hasil IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan dampak positif serta negatif yang terkait dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi:

a. Produksi:

1. Mesin Otomatisasi: Memungkinkan produksi massal yang efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi ketergantungan pada tenaga kerja manusia.

- Dampak positif: Peningkatan produksi, efisiensi, dan kemampuan bersaing.

- Dampak negatif: Pengurangan lapangan kerja, ketimpangan ekonomi, dan kerugian bagi pekerja yang kehilangan pekerjaan.

2. Robotika dalam Proses Manufaktur: Menggunakan robot untuk melakukan tugas-tugas berulang secara presisi dan efisien.

- Dampak positif: Meningkatkan kualitas produk, meningkatkan keamanan kerja dengan mengurangi risiko cedera, dan meningkatkan efisiensi produksi.

- Dampak negatif: Mengurangi lapangan kerja manusia, menciptakan ketimpangan ekonomi, dan membutuhkan biaya tinggi dalam pengadaan dan pemeliharaan robot.

b. Distribusi:

1. Internet: Memungkinkan perdagangan elektronik, pengiriman barang secara online, dan akses informasi yang cepat.

- Dampak positif: Meningkatkan aksesibilitas produk dan jasa, memperluas pasar global, dan mempermudah komunikasi bisnis.

- Dampak negatif: Meningkatkan persaingan yang ketat, potensi penipuan online, dan mengancam bisnis tradisional yang tidak dapat bersaing secara online.

2. Sistem Logistik Terintegrasi: Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengoptimalkan rantai pasok dan pengiriman barang.

- Dampak positif: Efisiensi distribusi, pengurangan biaya logistik, dan peningkatan kepuasan pelanggan.

- Dampak negatif: Peningkatan kesenjangan distribusi regional, dampak lingkungan dari transportasi, dan kehilangan lapangan kerja manusia dalam sektor logistik tradisional.

c. Konsumsi:

1. Aplikasi Mobile: Memungkinkan konsumen untuk membeli produk, mengakses informasi, dan melakukan pembayaran melalui perangkat seluler.

- Dampak positif: Kemudahan akses, kenyamanan berbelanja, dan berbagai pilihan produk.

- Dampak negatif: Potensi kecanduan dan konsumsi berlebihan, masalah keamanan data pribadi, dan mengancam bisnis tradisional yang tidak dapat bersaing secara online.

2. Teknologi Pembayaran Nirkontak: Memungkinkan transaksi pembayaran yang cepat dan mudah melalui kartu atau perangkat seluler.

- Dampak positif: Kemudahan dan kecepatan transaksi, pengurangan penggunaan uang tunai, dan inovasi dalam sistem pembayaran.

- Dampak negatif: Potensi kehilangan privasi dan keamanan data, rentan terhadap penipuan elektronik

Bila terbantu, bisa bantu follow dan tap bintangnya?

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rainhardpurba31 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 22 Aug 23