Rancanglah desain pembelajaran pembelajaran Aktif, kreatif efektif dan menyenangkan dgn

Berikut ini adalah pertanyaan dari imaartati915 pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Rancanglah desain pembelajaran pembelajaran Aktif, kreatif efektif dan menyenangkan dgn mengutamakan pendekatan apresiasi untuk siswa di sekolah dasar!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Desain pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dengan mengutamakan pendekatan apresiasi untuk siswa di sekolah dasar dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang menarik dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses belajar. Berikut adalah rancangan desain pembelajaran dengan pendekatan tersebut:

1. Tujuan Pembelajaran:

- Mengembangkan kreativitas dan minat belajar siswa.

- Meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam berbagai bidang.

- Mendorong rasa percaya diri dan motivasi belajar siswa.

2. Penggunaan Metode Pembelajaran Aktif:

- Pembelajaran Kooperatif: Mengatur siswa dalam kelompok kecil untuk bekerja sama dalam pemecahan masalah, diskusi, atau proyek kolaboratif.

- Pembelajaran Berbasis Proyek: Memberikan proyek berbasis tugas kepada siswa yang memerlukan pemikiran kreatif, penelitian, dan presentasi.

- Pembelajaran Melalui Permainan: Menggunakan permainan, simulasi, atau permainan peran untuk mengaktifkan siswa dalam mempelajari konsep-konsep tertentu.

3. Pendekatan Apresiasi:

- Menciptakan suasana kelas yang positif dan inklusif, di mana setiap siswa dihargai dan diberi pengakuan atas upaya dan prestasinya.

- Mengapresiasi keberagaman siswa, baik dalam bakat, minat, maupun latar belakang budaya, dengan mengintegrasikan elemen-elemen tersebut dalam pembelajaran.

- Menggunakan penilaian formatif yang memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa dan menyoroti kemajuan mereka.

4. Penggunaan Sumber Daya Pembelajaran:

- Materi Pembelajaran Interaktif: Menggunakan multimedia, presentasi visual, video, atau perangkat lunak pembelajaran interaktif untuk membantu pemahaman siswa.

- Kunjungan Lapangan: Mengadakan kunjungan ke tempat-tempat menarik, seperti museum, kebun binatang, atau perpustakaan, untuk memperkaya pengalaman belajar siswa.

- Kolaborasi dengan Komunitas: Melibatkan pakar lokal atau sukarelawan dari komunitas untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dengan siswa.

5. Evaluasi Pembelajaran:

- Menggunakan berbagai bentuk penilaian, seperti proyek, presentasi, pertunjukan, atau portofolio, yang memungkinkan siswa untuk menunjukkan kreativitas dan pemahaman mereka.

- Fokus pada penilaian formatif yang memberikan umpan balik terperinci kepada siswa tentang kekuatan mereka dan area yang perlu ditingkatkan.

- Menggunakan pendekatan penilaian yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan siswa, bukan hanya penekanan pada peringkat atau perbandingan dengan siswa lain.

6. Pengembangan Keterampilan Soft Skills:

- Mendorong siswa untuk berkomunikasi, bekerja sama, berpikir kritis, dan mengatasi

tantangan dalam konteks pembelajaran yang relevan dan menarik.

- Memberikan kesempatan bagi siswa untuk memimpin, berkolaborasi, dan mengekspresikan ide-ide mereka secara kreatif.

- Menggunakan kegiatan refleksi untuk membantu siswa mengenali dan mengembangkan keterampilan diri, seperti empati, kerja tim, dan resolusi konflik.

Penting untuk diingat bahwa desain pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik khusus dari siswa di sekolah dasar. Fleksibilitas dan adaptabilitas adalah kunci untuk menciptakan pengalaman pembelajaran yang efektif, memikat, dan bermakna bagi setiap siswa.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kuuhakudinda dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Aug 23