Berikut ini adalah pertanyaan dari cogangaming pada mata pelajaran IPS untuk jenjang Sekolah Dasar
Jawaban dan Penjelasan
Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.
Tempat penulisan dari tempo lagu adalah di bagian kiri atas partitur, sebelum penulisan not balok.
Pembahasan:
Dalam notasi balok, sistem paranada bergaris lima digunakan sebagai dasar. Sebelum tanda nada (not balok) yang dibaca dari kiri ke kanan terdapat tanda informasi mengenai tempo, ketukan, dinamika, dan instrumentasi yang digunakan, not ditempatkan pada paranada dan.
Tempo adalah ukuran kecepatan dalam birama lagu. Dalam notasi musik klasik, tempo biasanya ditunjukkan dengan instruksi pada awal lagu dan biasanya diukur dalam ketukan per menit (beats per minute atau bpm). Jenis-jenis tempo sering menggunakan istilah dalam bahasa Italia.
Setiap lagi memiliki tempo sendiri-sendiri. Misalnya, lagu kebangsaan “Indonesia Raya” menggunakan tempo “adante”.
Jenis-jenis tempo antara lain:
- Larghissimo - sangat sangat lamban (24 bpm)
- Grave - sangat lamban (25-45 bpm)
- Adagio - lamban dan berekspresi (66-76 bpm)
- Andante - seperti kecepatan berjalan kaki (76-108 bpm)
- Marcia, atau Marcia moderato - dengan tempo seperti baris-berbaris (83-85 bpm)
- Moderato – kecepatan sedang atau pertengahan (108-120 bpm)
- Allegro – cepat (120-156 bpm)
- Vivacissimo - cepat dan bersemangat (172 - 176 bpm)
- Allegrissimo - sangat cepat (172-176 bpm)
- Presto - sangat, sangat cepat (168-200 bpm)
-------------------------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut
Apa yang dimaksud dengan marcia pada tempo
Kode: 6.19.4
Kelas: VI
Mata pelajaran: Seni
Materi: Bab 4 - Bermain Musik dan Menyanyi
Kata kunci: Tempo Lagu
Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh diahviolin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.
Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact
Last Update: Sat, 02 Sep 17