David ricardo menganjurkan negara untuk memproduksi barang berbasiskan keunggulan komperatif.

Berikut ini adalah pertanyaan dari kholifatulaziza4840 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

David ricardo menganjurkan negara untuk memproduksi barang berbasiskan keunggulan komperatif. teori tersebut dinamakan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

David Ricardo menganjurkan negara memproduksi barang dengan keunggulan komparatif.Maka teori dari David Ricardo disebut sebagaiteori keunggulan komparatif.

Pembahasan

Teori keunggulan  komparatif berbicara soal efisiensi dalam produksi dan spesialisasi setiap negara. Menurutnya, jika sebuah negara melakukan spesialisasi produk maka negara tersebut akan mendapatkan keuntungan dari perdagangan luar negeri. Negara hendaknya memilih spesialisasi pada produk yang memiliki kerugian absolut yang lebih kecil, dan melakukan ekspor barang tersebut. Sebaliknya negara hendaknya melakukan impor pada barang yang memiliki kerugian absoult lebih besar.

Teori ini didasarkan pada upah kerja. Di mana harga suatu produk ditentukan dari jumlah waktu untuk memproduksi. Berbeda dengan teori keunggulan mutlak dari Adam Smith. Teori keunggulan komparatif merupakan penyempurnaan dari teori milik Adam Smith.

Jika menurut Adam Smith, Indonesia bisa memproduksi 1 kg garam selama 3 hari kerja dan 1 kg baja selama 5 hari kerja. Sedangkan Malaysia membutuhkan waktu 6 hari untuk 1 kg gula dan 8 hari untuk 1 kg baja, maka yang bisa melakukan ekspor garam dan baja hanya Indonesia.

Sedangkan menurut David Ricardo,harusdilakukan perbandingan biaya. Indonesia dibandingkan dengan Malaysia dalam memproduksi 1 kg garam yaitu 3: 6, sedangkan untuk memproduksi 1 kg baja yaitu 5:8. SehinggaIndonesia membutuhkan\frac{3}{6}atau\frac{1}{2}hari kerja untuk memproduksi 1 kg garam dan\frac{5}{8} hari untuk memproduksi baja.

Kemudian jika Malaysia dibandingkan Indonesia, untuk memproduksi 1 kg garam yaitu 6:3 dan memproduksi 1 kg baja yaitu 8:5. Sehingga Malaysia membutuhkan 2 hari untuk memproduksi 1 kg garam dan 8/5 hari untuk memproduksi 1 kg baja.

Dari perbandingan itu diketahui bahwa Indonesia lebih efisen untuk memproduksi garam karena hanya butuh ½ hari atau 12 jam dibandingkan memproduksi baja yang membutuhkan \frac{5}{8} hari atau 15 jam. Sehingga Malaysia bisa memproduksi dan mengekspor baja yang hanya membutuhkan waktu produksi 1 hari 15 jam.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teori keunggulan mutlak Adam Smith yomemimo.com/tugas/10789154

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 13 Aug 22