Pengukuran kepuasan kerja ada 3, yaitu rating scale, interviews, dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mxtuvry pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Pengukuran kepuasan kerja ada 3, yaitu rating scale, interviews, dan criticalincidents. Berikan masing-masing 1 contoh perusahaan yang menggunakan
pengukuran kepuasan kerja tsb dan jelaskan apa saja yang perusahaan tsb
lakukan!
a. Contoh perusahaan yang menggunakan Rating scale:
Penjelasan:

b. Contoh perusahaan yang menggunakan Interviews:
Penjelasan:

c. Contoh perusahaan yang menggunakan Critical incidents:
Penjelasan:

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Ada 3 cara pengukuran kepuasan kerja: Rating Scale, Interviews, dan Critical Incidents. Berikan masing-masing 1 contoh perusahaan yang menggunakan pengukuran kepuasan kerja tsb dan jelaskan apa saja yang perusahaan tersebut lakukan.

a. Contoh perusahaan yang menggunakan Rating Scale:

Penjelasan:

b. Contoh perusahaan yang menggunakan Interviews:

Penjelasan:

c. Contoh perusahaan yang menggunakan Critical incidents:

Penjelasan:

Penjelasan:

  • a) Metode Rating Scale - Contoh: Sebuah perusahaan pabrik sepatu Nike ingin mengetahui seberapa puas karyawan pabriknya bekerja. Beberapa elemen yang akan dibeberkan antara lain: lama jam kerja, makan karyawan, kondisi kebersihan pabrik, sikap atasan/pimpinan, dll. Metode Rating Scale banyak sekali digunakan perusahaan untuk mengukur kepuasan kerja karyawannya. Ada 2 cara pengukuran yaitu Minesota Satisfaction QuestionaredanJob Descriptive Index. Minesota Satisfaction Questionare mengukur tingkat kepuasan berdasarkan unsur-yang unsur detail yang mempengaruhi kepuasan dan ketidakpuasan karyawan kerja yang memuat secara detail hal-hal apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam kategori unsur kepuasan kerja dan unsur ketidakpuasan kerja. Rating Scale sangat efektif dalam memberi gambaran kepuasan karyawan dari berbagai elemen pekerjaan dari yang paling memuaskan sampai dengan yang paling tidak memuaskan. Setiap karyawan diwajibkan untuk memberi pendapat atas kepuasan dari pekerjaan yang mereka geluti sehari-hari. Sedangkan metode Job Descriptive Index mengukur kepuasan karyawan yang didasarkan atas upah/gaji, peluang  promosi, supervisi dan rekan kerja.
  • b) Metode Interviews - Contoh: sebuah perusahaan Kuliner dengan cabang diberbagai lokasi di seluruh Indonesia ingin mengetahui secara detail tentang kepuasan karyawannya yang bekerja di berbagai pelosok. Pihak HRD akan mengirim team wawancara ke setiap cabang untuk mewawancara setiap karyawannya yang ingin diketahui tingkat kepuasannya. Metode pengukuran menggunakan Interviews dilakukan perusahaan dengan proses mewawancarai setiap karyawan secara pribadi. Metode Interviews ini cukup efektif mengetahui secara detail tentang sikap karyawan terhadap berbagai macam hal yang mempengaruhi kinerjanya sehari-hari.
  • c) Metode Critical Incidents - Contoh: Sebuah perusahaan Perbankan ingin mengetahui tingkat kepuasan karyawan customer service-nya. Pihak HRD akan menyusun form pertanyaan Critical Incident dan mengirim form tersebut ke masing-masing karyawan yang ingin disurvei. Hal ini bisa dilakukan dengan cara survei online. Metode pengukuran kepuasan kerja menggunakan Critical Incidents dilakukan oleh perusahaan dengan memberikan beberapa pertanyaan tentang berbagai hal yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan yang terlibat. Karyawan akan memberi rating puas atau tidak terhadap hal-hal tertentu dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

Pelajari lebih lanjut:

Penjelasan tentang Kepuasan Kerja Karyawan yomemimo.com/tugas/22774104

Faktor-faktor yang meningkatkan Kepuasan Kerja Karyawan yomemimo.com/tugas/40298371

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh h3rm4n6un4w4n dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 20 Jul 22