Menurut anda, bagaimana sistem ekonomi di Indonesia saat ini? Silahkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Reny8166 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Menurut anda, bagaimana sistem ekonomi di Indonesia saat ini? Silahkan dikemukakan pendapatnya masing masing, jika perlu dukung dengan tabel atau gambar yang menguatkan pendapat tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem ekonomi di Indonesiamenganutsistem ekonomi Pancasila. Sistem ini menyerap dari sistem ekonomi campuran.

Penjelasan:

Sistem ekonomi campuran memiliki ciri paling kentara adalah adanya sistem ekonomi pasar dan komando. Di mana pihak swasta atau rakyat turut berperan aktif dalam membangun ekonomi sebuah masyarakat. Namun pemerintah juga memiliki peran sebagai pengendali dan stabilisator kegiatan ekonomi.

Nah dalam sistem ekonomi di Indonesia, ciri ini terlihat dengan adanya Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Beberapa sektor penting dasar hanya boleh dipegang oleh negara seperti BBM dan Gas untuk mengendalikan harganya.

Nah, ekonomi ini berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila. Di mana kebijakan perekonomian disusun berdasarkan asas kekeluargaan, musyawarah mencapai mufakat.

Pelajari lebih lanjut:

Materi tentang sistem ekonomi yang ada di dunia pada yomemimo.com/tugas/22807893

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 20 Jul 22